Category: mahasiswa

  • Modul 4 Praktikum Web Programming Sismul 2017

    Pekan ini kita akan mempelajari penggunaan CSS3 untuk membuat design Web dan Layout sederhana. Anda direkomendasikan untuk memiliki 2 buku tambahan sebagai referensi, The CSS Anthology, Sitepoint. Rachel Andrew The Principle of Beautiful Web Design, Sitepoint. Jason Beaird Silahkan pelajari referensi tersebut, untuk mempermudah pengerjaan design web dengan HTML dan CSS. Modul 4 untuk Praktikum…

  • Mainan #5 GrafCit: Persiapan Assessment

    Berikut ini beberapa materi tambahan dari slide koordinator perkuliahan Grafika dan Citra komputer, yang bisa kalian pergunakan (khusus untuk D4 Sistem Multimedia). MATERI Gafcit-2016 Selain dari sumber tersebut, Anda juga bisa mendapatkan dari materi online lainnya, yang berkaitan dengan Grafika Komputer, atau bisa juga mengambil dari buku Grafika. Untuk mempersiapkan Assessment, Anda bisa mengerjakan beberapa…

  • Mainan #2 GrafCit: Algoritma DDA vs Bressenham?

    Mainan #2 GrafCit: Algoritma DDA vs Bressenham?

    Mainan ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Grafika dan Citra Komputer pada kelas TFN. Anda disarankan untuk membaca beberapa referensi berikut ini (atau bisa mencari referensi lain yang sejenis), https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_differential_analyzer_(graphics_algorithm) https://www.tutorialspoint.com/computer_graphics/line_generation_algorithm.htm https://en.wikipedia.org/wiki/Bresenham%27s_line_algorithm https://www.cs.helsinki.fi/group/goa/mallinnus/lines/bresenh.html Beberapa referensi penjelasan mengenai teknik pembuatan garis ini juga bisa Anda dapatkan di Youtube. Simple Digital Differential Analyzer (DDA) Secara…

  • Kelas PA 2017: Progress Bimbingan Kelas PA TFN + SDW/WIU/PTI/RHN

    Kelas PA 2017: Progress Bimbingan Kelas PA TFN + SDW/WIU/PTI/RHN

    Berikut ini adalah Data mahasiswa Bimbingan PA TFN yang berpasangan dengan SDW, WIU, PTI atau RHN. Kelas bimbingan PA hanya akan dilaksanakan sesuai jadwal pada iGracias, diluar jadwal tersebut tidak akan dilayani (kecuali bimbingan buku). Semua Mahasiswa yang mengambil kelas PA wajib untuk masuk pada kelas ini. Jika masih ada mahasiswa yang TIDAK masuk dalam…

  • Mainan Proyek 1 2016: Persiapan IDE dan Proposal

    Mainan Proyek 1 2016: Persiapan IDE dan Proposal

    Mainan ini khusus untuk kelas D3MI-40-04 mata kuliah Proyek 1 (DMH1E2). Berikut perubahan timeline dan teknis pelaksanaan kuliah Proyek 1. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mengakomodir output dari kajian 1 bagi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi proposal PKM AI-GT. Perlu diingat kembali bahwa target dari Kajian 1 adalah berhasil submit Proposal PKM AI/GT sesuai aturan perlombaan…

  • Bonus Nilai Pengantar Multimedia, Juara Video Anti Korupsi!

    Bonus Nilai Pengantar Multimedia, Juara Video Anti Korupsi!

    Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) Telkom University, telah melakukan proses pendaftaran dan pengumpulan karya pada 11 Oktober – 14 November 2016. Selama rentang waktu tersebut terkumpul sebanyak 582 karya. Diantara sekian banyak karya tersebut, ada 2 Tim dari Kelas D4 Sistem Multimedia yang berhasil menjuarai lomba untuk Kategori Iklan Layanan Masyarakat. Info lebih lanjut ada di https://ctle.telkomuniversity.ac.id/pemenang-kompetisi-propaganda-antikorupsi-2016/…

  • Presentasi Kajian #3 IUXD: UX Design Web dan Mobile

    Presentasi Kajian #3 IUXD: UX Design Web dan Mobile

    Pada pekan terakhir ini Anda diminta untuk membuat dan melengkapi dokumen perancangan UX dengan melakukan perancangan pada level Structure dan Skeleton. Kemudian Anda diharuskan mengerjakan tahapan pengujian menggunakan Parameter Usability Testing. Tentang Usability Testing? Secara prinsip, usability testing dapat Anda baca pada referensi berikut ini https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/. Teknik yang paling mudah dan paling rumit dapat Anda baca…

  • Final Destination Peng.Multimedia: Assessment #3

    Final Destination Peng.Multimedia: Assessment #3

    Pekan ini (awal Desember) menjadi pekan terakhir untuk penyelesaian kuliah pengantar multimedia. Seperti informasi yang telah disampaikan sebelumnya, maka Assessment kajian #3 akan menggunakan penilaian dari hasil project Film Pendek dari Festival yang diselenggarakan oleh Kompas. http://www.kompas.tv/ffpi2016 Sangat penting untuk Anda memberikan hasil karya yang terbaik dalam kompetisi ini. Sebagai bentuk keseriusan Anda dalam mendalami…

  • Mainan #6 IUXD: Strategy & Scope Element UX

    Mainan #6 IUXD: Strategy & Scope Element UX

    Mainan berikut ini ditujukan untuk melakukan implementasi dokumen UX pada element strategy & scope. Tujuan dari tahapan ini adalah untuk mengetahui kebutuhan user dan spesifikasi dari fungsionalitas yang akan dibuat. Berikut ini langkah pengerjaan mainan ini, Anda diminta membuat group yang terdiri dari maksimal 5 mahasiswa Tentukan Topik aplikasi yang akan dibuat rancangan UX nya,…

  • Mainan #6 Peng.Multimedia: Progress 1 Project Video

    Mainan #6 Peng.Multimedia: Progress 1 Project Video

    Sebelum mengawali pengerjaan project Video Multimedia, Anda disarankan untuk membaca informasi mengenai project “Planning and Costing” dari buku Tay Vaughan. Hal ini membicarakan mulai dari tahapan pencarian Ide kreatif untuk konten yang akan dibuat, sampai memikirkan bagaimana konten tersebut akan sampai pada user atau client. Merencanakan sesuatu dengan baik, sama halnya dengan merencanakan kesuksesan dari…

  • Mainan #5 Peng.Multimedia : Festival Film Pendek

    Untuk praktek dan persiapan Assessment pada Kajian #3 ini, Anda diminta mengikuti kompetisi tingkat nasional pada Festival Film Pendek Indonesia. http://www.kompas.tv/ffpi2016/ Info lebih lengkap dapat dilihat pada link kompetisi diatas. Proses pengerjaan Project kompetisi ini akan menjadi bahan materi pada kajian ke-3, dan tentunya jadi bahan penilaian juga untuk kajian akhir mata kuliah Pengantar Multimedia.…

  • Persiapan Assessment #2 Pengantar Multimedia

    Persiapan Assessment #2 Pengantar Multimedia

    Berikut ini adalah informasi seputar persiapan Assessment #2 mata kuliah Pengantar Multimedia. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, materi Kajian ini diambil dari 4 Chapter materi pada buku referensi, yaitu: Animation Video Making Multimedia Multimedia Skills Pengetahuan pada materi tersebut Anda butuhkan untuk proses pembuatan video kreatif di Tim Anda. Pastikan Anda submit Video pada event Kompetisi…

  • Mainan IUXD 2016: The Essentials of Interaction Design

    The Essentials of Interaction Design, merupakan buku baru yang akan kita kupas pada pekan ini. https://www.google.co.id/search?q=The+Essentials+of+Interaction+Design&oq=The+Essentials+of+Interaction+Design&aqs=chrome..69i57j0l5.629j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8 Silahkan Anda temukan buku tersebut, bisa soft atau hard copy. Pembagian Kelompok Presentasi “Selasa” dan “Kamis” pekan depan. NIM NAMA Group Chapter 6301120161 BIMO WICAKSONO KUNTING 1 1 6301130189 ALBERT ANTHONI SILABAN 1 1 6301134017 FIRNADIA AFNAN ARRAHMI 1…

  • Soal Assessment 1 Pengantar Multimedia 2016

    Soal Assessment 1 Pengantar Multimedia 2016

    Berikut ini adalah Soal Assessment 1 Pengantar Multimedia 2016. Assessment yang diumumkan pada Blog ini hanya berlaku untuk mahasiswa kelas D4SM-40-01 dan D4SM-40-02 Download Soal Assessment untuk kelas D4SM-40-01 : Asessment I Pengantar Multimedia-D4SM40-01 Download Soal Assessment untuk kelas D4SM-40-02 : Asessment I Pengantar Multimedia-D4SM40-02 Pastikan Anda membaca petunjuk dengan lengkap, teliti dan detil. Jangan sampai salah…

  • Persiapan Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016

    Persiapan Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016

    Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016. Setelah sempat tertunda selama 2 pekan, maka pada pekan kedua bulan Oktober 2016 akan diadakan Assessment kajian #1 mata kuliah Pengantar Multimedia. Informasi ini khusus untuk mahasiswa D4 Sistem Multimedia angkatan 2016. Referensi utama kajian 1 diambil dari buku karangan “Tay Vaughan”. Berikut ini materi kajian 1 yang akan diujikan…

  • Mainan #4 IUXD: 5 Elements of UX

    Mainan #4 IUXD: 5 Elements of UX

    Materi tentang 5 Elements of UX, adalah lanjutan dari konsep dasar tentang penerapan User Experience Design. Teori ini disampaikan oleh Jesse James Garrett, pada bukunya: Jesse James Garrett. The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, 2nd Edition Anda pasti sudah memahami hal ini secara umum, atau minimal telah memiliki softcopy buku…