Category: Uncategorized

  • Isu Seputar Optimization

    Bahasan seputar masalah optimisasi dapat ditemui dalam hampir semua bidang kehidupan. Masalah optimasi menjadi sangat menarik karena berkaitan dengan upaya mendapatkan solusi terbaik dari berbagai kondisi dari masalah yang dihadapi. Tulisan ini diambil dari wikipedia, dalam topik mathematical optimization. Topik ini mencakup pembahasan dalam optimasi discrete maupun optimasi continuous. Berikut ini beberapa topik yang berkaitan…

  • Penggunaan akses Dwave Sampler pada Python

    Penggunaan akses Dwave Sampler pada Python

    Mesin DWave dapat kita gunakan untuk melakukan pemrosesan Quantum Annealing dengan model QUBO maupun Ising. DWave ocean juga memfasilitasi berbagai API dan akses yang mudah untuk penggunaan komputer quantum mereka, silahkan lebih lanjut dapat dilihat pada https://docs.ocean.dwavesys.com/projects/system/en/stable/index.html. Sebelum menggunakan Dwave di python, kita terlebih dahulu harus melakukan instalasi Dwave ocean sdk; Dan pastikan kita telah…

  • Membuat QUBO atau Ising untuk DWave di Python

    Membuat QUBO atau Ising untuk DWave di Python

    Penggunaan Quantum Annealing di Dwave, pasti akan berhubungan dengan membuat representasi masalah dalam bentuk QUBO (quadratic unconstrained binary optimization) atau Ising model. Berikut ini beberapa perangkat yang banyak dikembangkan untuk memudahkan penggunaan model ini di Python: PyQubo: https://pyqubo.readthedocs.io/en/latest/ Qbsolv: https://github.com/dwavesystems/qbsolv Dimod (dwave): https://docs.ocean.dwavesys.com/en/stable/docs_dimod/ dwave_networkx: https://docs.ocean.dwavesys.com/projects/dwave-networkx/en/latest/ Blueqat (pengembangan dari Wildqat): https://blueqat.readthedocs.io/en/latest/intro.html Dan ada beberapa lagi yang…

  • Abdimas: Pelatihan Animasi Logo dengan Blender

    Abdimas: Pelatihan Animasi Logo dengan Blender

    Tepat hari ini, telah dilaksanakan Pelatihan bersama Guru-guru SMK Telkom Lampung, dalam rangka Abdimas (Pengabdia kepada Masyarat) dari prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM). Kegiatan ini melibatkan Dosen pengajar di Prodi S1 Terapan TRM, diantaranya: Toufan Tambunan Yahdi Siradj Aprianti Putri Sujana Materi yang disampaikan kali ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru bagi para…

  • Graph Coloring Problem, dengan D-Wave

    Graph Coloring Problem, dengan D-Wave
  • Instalasi Ocean Tools D-wave di Ubuntu

  • Welcome 2021: Test > контрольная работа

  • Install Slack di Ubuntu

    Slack adalah salah satu aplikasi untuk komunikasi yang cukup populer, terutama untuk kolaborasi dalam pengerjaan project atau sejenisnya. Biasanya aplikasi ini banyak digunakan pada komunitas yang bekerja dengan model Agile, seperti penerapan design sprint dalam pengerjaan project. Kita akan coba install Slack di Ubuntu (2019), dengan men-download file disini; https://slack.com/intl/en-id/downloads/linux. Sebetulnya, apps ini bisa juga…

  • Persiapan Presentasi Akhir Proyek 1 D3MI-41-04

    Persiapan Presentasi Akhir Proyek 1 D3MI-41-04

    Berikut ini informasi lengkap tentang persiapan Presentasi Tugas Besar, khusus mahasiswa D3MI-41-04. Jumat, 4 Mei 2018: pukul 13.00 – 16.30 Group 1: Antoniu, Deshinta, Max Group 2: Rega, Yose, Dayana Group 3: Anugrah, Achileus, Elita Group 4: Mila, Akbar, Zuritza Group 5: Grimadha, Agung, Septi Group 6: Nike, Angelina, Richard Selasa 8 Mei 2018: pukul…

  • Mainan Pengujian PL D4SM: Web Performance Test

    Kajian ketiga kita akan membahas mengenai implementasi dari pengujian Aplikasi Web. Pengujian dilakukan dalam lingkungan Server yang real, dan dalam kondisi aplikasi web yang telah ready untuk diakses. Setiap group melakukan pengujian terhadap 2 hal utama, yaitu: Pengujian Performance Aplikasi Web Pengujian Kompatibilitas terhadap Browser (dan Operating System) Berikut ini beberapa Tools yang bisa digunakan…

  • Mainan Software Testing: White vs Black BOX!

    Untuk persiapan Assessment Kajian Ke-2 (pelaksanaan akan diinfokan berikutnya) setiap group wajib mengerjakan test case untuk aplikasi Web-nya dengan menggunakan teknik White Box dan Black Box Testing.  Black Box mencakup penggunaan Graph, Teknik Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis, dilakukan pada setiap form yang dibuat pada tugas besar webpro. Kemudian dari Test Case yang ditemukan…

  • Mainan Pengujian PL D4SM: Black Box Testing

    Pada mainan ini Anda diminta untuk mengerjakan bersama Group, beberapa teknik Black Box Testing berikut ini Metode Graph Based Metode Equivalence Partitioning Boundary Values Analysis Untuk Referensi penggunaan metode tersebut silahkan temukan pada Link Wikipedia, dan Referensi buku “Software Engineering, Roger Pressman”. Mainan Black Box Testing Mainan ini dikerjakan bersama group Anda, dengan ketentuan sebagai…

  • Mainan Proyek 1: Topik Proyek e-Government

    Mainan Proyek 1: Topik Proyek e-Government

    Setiap group harus mengerjakan mainan ini pada pertemuan pertama dipekan ke-4 ini. Waktu pengerjaan mainan ini hanya 6 jam, dan sebaiknya bisa diselesaikan langsung pada saat pelaksanaan kuliah. Anda diminta mencari IDE/TOPIK Proyek yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat dengan menggunakan solusi berbasis IT, agar masyarakat dapat menjadi lebih baik hidupnya dalam bidang kesehatan,…

  • Mainan Pengujian PL D4SM: Test Plan Documentation

    Mainan Pengujian PL D4SM: Test Plan Documentation

    Mainan ini wajib Anda kerjakan secara individu, dengan merujuk pada aplikasi/sistem yang pernah dikembangkan pada tugas besar semester sebelumnya di kuliah Web Programming. Test Plan yang diminta adalah bentuk perencanaan atau skenario atau rancangan teknis untuk dilaksanakan pada saat melakukan testing software. Dokumen tersebut berisi definisi secara tujuan dan sasaran dari pengujian software, target dari…

  • Proyek 1 D3MI41: Review Dokumen PA eGov

    Materi Review produk kali ini akan kita simulasikan dengan produk Proyek Akhir mahasiswa D3, yang berkaitan dengan pengembangan Aplikasi e-Government berbasis IT. Silahkan cek untuk list Judul PA yang bisa Anda temukan di Perpustakaan Tel-U sesuai dengan Tema e-Government, https://docs.google.com/spreadsheets/d/1YKwWL6i8RCEktIEpKs8RQn7rbJ5BOliH5GYKQgVwIBM/edit?usp=sharing Untuk petunjuk pengerjaan akan dijelaskan di kelas. Silahkan bertanya jika ada hal2 yang masih kurang…

  • Mainan Pengujian PL D4SM: Konsep Testing SDLC

    Materi pekan ini seputar dasar pengujian perangkat lunak dalam kaitannya dengan proses pengembangan perangkat lunak dengan orientasi SDLC (Software Development Life Cycle). Buku rujukan utama dalam membahas materi ini adalah “Software Engineering A Practitioner’s Approach “, Roger S. Pressman. “Managing the Testing Process”, Rex Black. Referensi tersebut berkaitan dengan konsep dasar Software Testing, yang juga…