Mainan Teknologi Web 2016: SEO!

Materi pekan ini akan disampaikan secara online untuk kelas Teknologi Web (TFN). Materi tentang Penerapan SEO pada pembangunan konten Web. SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Teknik ini menjadi sangat penting, karena web yang dibangun harus mampu muncul pada mesin pencari yang populer saat ini, seperti Google. Semakin mudah ditemukan pada mesin pencari web, maka web tersebut akan semakin banyak diakses orang.

Anda sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu cara kerja dari Search Engine, misalnya Google Search.

A web search engine is a software system that is designed to search for information on the World Wide Web. The search results are generally presented in a line of results often referred to as search engine results pages (SERPs). The information may be a mix of web pages, images, and other types of files. Some search engines also mine data available in databases or open directories. Unlike web directories, which are maintained only by human editors, search engines also maintain real-time information by running an algorithm on a web crawler. 

(https://en.wikipedia.org/wiki/Web_search_engine)

Silahkan cari tahu beberapa Search Engine berikut ini (cari tahu kelebihan dan kekurangannya),

  • Google Search
  • Bing Search
  • DuckDuckGo
  • Halalgoogling.com

Pelajari lebih lanjut mengenai Teknik SEO yang bisa Anda coba (On-Page atau Off-Page), dan bagaimana menguji tingkat keberhasilan teknik SEO yang telah diterapkan tersebut. Ada juga beberapa Tools untuk melakukan pengujian konten, seperti aplikasi SEO analyzer atau Web Analytic.

 

Mainan SEO Anda?

Berikut ini mainan yang harus Anda kerjakan secara Individu. Tujuan dari mainan ini adalah untuk menguji kemampuan Anda dalam melakukan teknik SEO pada konten Blog atau web yang Anda telah buat. Anda diminta untuk menerapkan teknik SEO yang telah dipelajari. Kemudian lakukan pengujian menggunakan Search Engine atau Aplikasi web Analytic untuk mengetahui keberhasilan teknik tersebut.

  1. Setiap mahasiswa diminta untuk membuat blog, jangan lupa tuliskan identitas Anda pada blog tersebut (Nama dan NIM, dll). Usahakan nama blog Anda mengandung NIM. Bisa menggunakan layanan WordPress atau Blogspot atau yang lainnya.
  2. Buatlah 3 Artikel dalam blog tersebut, misalnya terdiri dari
    • Tema Sport: Bola, Balapan F1, atau Bulu Tangkis, atau lainnya
    • Tema Politik, Ekonomi, Sosial
    • Tema Artis
  3. Tentukan Keyword SEO yang Unik untuk masing2 Artikel pada Blog tersebut. Penentuan Tema juga sangat berpengaruh dalam penerapan teknik SEO yang akan Anda gunakan. Semakin Populer Tema, maka akan semakin rumit mencari keunikannya.
  4. Pastikan dalam waktu 1-2 pekan salah satu dari 3 Artikel tersebut masuk di Page Pertama Google Search
  5. Tambahkan Backlink ke blog Dosen Anda
  6. Monitoring Traffic Artikel Anda menggunakan

Jika ada yang dirasa sulit atau membingungkan, silahkan untuk bertanya melalui komentar dibawah ini atau kirim ke email tambunan.

Thx

 

Pastikan Anda telah membuat backlink dari blog yang dibuat dengan mencatumkan link artikel tugas ini (http://tambunan.staff.telkomuniversity.ac.id/2016/04/18/mainan-teknologi-web-2016-seo/). Blog yang sudah melakukan backlink artikel tugas ini, maka link artikel atau blog Anda akan muncul dibagian komentar di bawah artikel ini.

 

67 thoughts on “Mainan Teknologi Web 2016: SEO!”

  1. Trik lain untuk meningkatkap peluang SEO dengan teknik off-page adalah, kalian bisa saling bertukar komentar antar blog

  2. Terima kasih untuk antusiasmenya mencoba mainan kali ini, Semoga kalian bisa sedikit memahami teknik penggunaan SEO dasar dan sederhana.

    Beberapa hal yang menjadi catatan adalah,
    1. masih banyak yang belum menerapkan teknik SEO on-Page dengan baik
    2. efek dari point 1, tidak banyak blog dan artikel yang masuk dalam mesin pencarian Google
    3. masih ada yang menggunakan artikel copy-paste dari web lain, sehingga berakibat web itulah yang meningkat rank nya
    4. beberapa dari kalian sudah baik dalam menentukan tema dan keyword artikel yang unik (antimainstream)
    5. beberapa dari kalian juga ternyata menggunakan teknik SEO off-page, dengan mem-post di MedSos dan saling tukar komentar, sharing dsb
    6. rata-rata artikel yang dibuat kurang kaya konten, dan hanya text saja

    Ok, Semoga sukses ilmunya dan makin penasaran untuk terus belajar Teknologi Internet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *