Category: kuliah

  • Tools yang praktis untuk Kuliah Online?

    Setelah WHO menetapkan Corona dengan virus Covid-19 sebagai pandemi, dilanjutkan berbagai kebijakan pemerintah untuk melakukan self isolation. Saat ini kita semua mengupayakan proses belajar mengajar tetap berjalan, tentunya dengan solusi Kuliah Online. Tapi sebelum kita bahas Tools yang mudah digunakan, perlu kita ketahui dulu beberapa batasan yang mungkin terjadi pada pelaksanaan kuliah online ini, diantaranya…

  • Persiapan Presentasi Akhir Software Testing D4SM-40

    Persiapan Presentasi Akhir Software Testing D4SM-40

    Informasi ini khusus untuk kelas D4SM-40-02 dan D4SM-40-01. Berikut ini jadwal presentasi Tugas Besar (Kajian #3) Software Testing. D4SM-40-02: Senin, 7 Mei 2018. Pukul 08.30 – 11.00 D4SM-40-01: Rabu, 9 Mei 2018. Pukul 13.00 – 15.30 Presentasi akan dilakukan diruangan TFN, mahasiswa diwajibkan mempersiapkan dokumen laporan tugas kajian ke3. Berikut ini beberapa hal yang perlu…

  • Persiapan Presentasi Akhir Proyek 1 D3MI-41-04

    Persiapan Presentasi Akhir Proyek 1 D3MI-41-04

    Berikut ini informasi lengkap tentang persiapan Presentasi Tugas Besar, khusus mahasiswa D3MI-41-04. Jumat, 4 Mei 2018: pukul 13.00 – 16.30 Group 1: Antoniu, Deshinta, Max Group 2: Rega, Yose, Dayana Group 3: Anugrah, Achileus, Elita Group 4: Mila, Akbar, Zuritza Group 5: Grimadha, Agung, Septi Group 6: Nike, Angelina, Richard Selasa 8 Mei 2018: pukul…

  • Presentasi WebPro D4SM 2017: Sesi Pekan-1

    Presentasi WebPro D4SM 2017: Sesi Pekan-1

    Presentasi Progress Project Web pada sesi Pekan-1 akan membahas seputar tampilan untuk setiap fungsionalitas atau fitur yang telah direncanakan pada pekan sebelumnya. Penilaian pada presentasi pekan ini meliputi, Perencanaan Project dalam Proposal dan Trello Tampilan HTML/CSS untuk setiap Fitur Aplikasi, Design dan Layout Pembagian Tugas dalam Group Presentasi akan dilakukan saat sesi kelas pada hari…

  • Persiapan Assessment #1 WebPro 2017 D4 SM 40

    Persiapan Assessment #1 WebPro 2017 D4 SM 40

    Selamat Liburan Tahun Baru Hijriyah! Jangan lupa untuk mempersiapkan Assessment #1 Web Programming yang akan dilaksanakan pekan depan, hari Senin (25 September 2017) dan Selasa (26 September 2017) sesuai jadwal praktikum kelas masing-masing. Materi Assessment pada Kajian #1 ini sesuai dengan target pembelajaran: Konsep dasar Web Teknik Scripting HTML5 Basic HTML Tag dan konten web…

  • Modul 4 Praktikum Web Programming Sismul 2017

    Pekan ini kita akan mempelajari penggunaan CSS3 untuk membuat design Web dan Layout sederhana. Anda direkomendasikan untuk memiliki 2 buku tambahan sebagai referensi, The CSS Anthology, Sitepoint. Rachel Andrew The Principle of Beautiful Web Design, Sitepoint. Jason Beaird Silahkan pelajari referensi tersebut, untuk mempermudah pengerjaan design web dengan HTML dan CSS. Modul 4 untuk Praktikum…

  • Modul 3 Praktikum Web Programming Sismul 2017

    Modul 3 kali ini akan membahas mengenai penggunaan Table dan Form input. modul3-webpro-sismul-2017 selamat mencoba!

  • Bocoran Materi Ujian Khusus IUXD Juni 2017

    Bocoran Materi Ujian Khusus IUXD Juni 2017

    Bagi mahasiswa yang akan mengikuti Ujian Khusus IUXD periode Juni 2017, harus membaca materi berikut ini dengan lengkap dan optimal. Ujian Khusus ini akan dilaksanakan 12-15 Juni 2017. Berikut ini nama-nama Mahasiswa yang akan mengikuti Ujian Khusus IUXD 2017: noname   Intro 5 Elements of UX? 5 elements of UX Design 5 Elements of UX…

  • Mainan #5 GrafCit: Persiapan Assessment

    Berikut ini beberapa materi tambahan dari slide koordinator perkuliahan Grafika dan Citra komputer, yang bisa kalian pergunakan (khusus untuk D4 Sistem Multimedia). MATERI Gafcit-2016 Selain dari sumber tersebut, Anda juga bisa mendapatkan dari materi online lainnya, yang berkaitan dengan Grafika Komputer, atau bisa juga mengambil dari buku Grafika. Untuk mempersiapkan Assessment, Anda bisa mengerjakan beberapa…

  • Mainan #3 GrafCit: Algoritma Lingkaran

    Mainan #3 GrafCit: Algoritma Lingkaran

    Mainan ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Grafika dan Citra Komputer pada kelas TFN. Anda disarankan untuk membaca beberapa referensi terkait dengan materi lingkaran, https://www.tutorialspoint.com/computer_graphics/circle_generation_algorithm.htm https://www.youtube.com/watch?v=QeOvZTYlmAI https://en.wikipedia.org/wiki/Midpoint_circle_algorithm Bresenham’s Circle Algorithm Logika dari pembentukan lingkaran tidak jauh berbeda dengan pembentukan garis. Setiap titik koordinat yang dibuat sebisa mungkin sempurna membentuk keliling lingkaran. Pada pembentukan…

  • Mainan #2 GrafCit: Algoritma DDA vs Bressenham?

    Mainan #2 GrafCit: Algoritma DDA vs Bressenham?

    Mainan ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Grafika dan Citra Komputer pada kelas TFN. Anda disarankan untuk membaca beberapa referensi berikut ini (atau bisa mencari referensi lain yang sejenis), https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_differential_analyzer_(graphics_algorithm) https://www.tutorialspoint.com/computer_graphics/line_generation_algorithm.htm https://en.wikipedia.org/wiki/Bresenham%27s_line_algorithm https://www.cs.helsinki.fi/group/goa/mallinnus/lines/bresenh.html Beberapa referensi penjelasan mengenai teknik pembuatan garis ini juga bisa Anda dapatkan di Youtube. Simple Digital Differential Analyzer (DDA) Secara…

  • Mainan Proyek 1 2016: Persiapan IDE dan Proposal

    Mainan Proyek 1 2016: Persiapan IDE dan Proposal

    Mainan ini khusus untuk kelas D3MI-40-04 mata kuliah Proyek 1 (DMH1E2). Berikut perubahan timeline dan teknis pelaksanaan kuliah Proyek 1. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mengakomodir output dari kajian 1 bagi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi proposal PKM AI-GT. Perlu diingat kembali bahwa target dari Kajian 1 adalah berhasil submit Proposal PKM AI/GT sesuai aturan perlombaan…

  • Bonus Nilai Pengantar Multimedia, Juara Video Anti Korupsi!

    Bonus Nilai Pengantar Multimedia, Juara Video Anti Korupsi!

    Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) Telkom University, telah melakukan proses pendaftaran dan pengumpulan karya pada 11 Oktober – 14 November 2016. Selama rentang waktu tersebut terkumpul sebanyak 582 karya. Diantara sekian banyak karya tersebut, ada 2 Tim dari Kelas D4 Sistem Multimedia yang berhasil menjuarai lomba untuk Kategori Iklan Layanan Masyarakat. Info lebih lanjut ada di https://ctle.telkomuniversity.ac.id/pemenang-kompetisi-propaganda-antikorupsi-2016/…

  • Presentasi Kajian #3 IUXD: UX Design Web dan Mobile

    Presentasi Kajian #3 IUXD: UX Design Web dan Mobile

    Pada pekan terakhir ini Anda diminta untuk membuat dan melengkapi dokumen perancangan UX dengan melakukan perancangan pada level Structure dan Skeleton. Kemudian Anda diharuskan mengerjakan tahapan pengujian menggunakan Parameter Usability Testing. Tentang Usability Testing? Secara prinsip, usability testing dapat Anda baca pada referensi berikut ini https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/. Teknik yang paling mudah dan paling rumit dapat Anda baca…

  • Final Destination Peng.Multimedia: Assessment #3

    Final Destination Peng.Multimedia: Assessment #3

    Pekan ini (awal Desember) menjadi pekan terakhir untuk penyelesaian kuliah pengantar multimedia. Seperti informasi yang telah disampaikan sebelumnya, maka Assessment kajian #3 akan menggunakan penilaian dari hasil project Film Pendek dari Festival yang diselenggarakan oleh Kompas. http://www.kompas.tv/ffpi2016 Sangat penting untuk Anda memberikan hasil karya yang terbaik dalam kompetisi ini. Sebagai bentuk keseriusan Anda dalam mendalami…

  • Mainan #6 IUXD: Strategy & Scope Element UX

    Mainan #6 IUXD: Strategy & Scope Element UX

    Mainan berikut ini ditujukan untuk melakukan implementasi dokumen UX pada element strategy & scope. Tujuan dari tahapan ini adalah untuk mengetahui kebutuhan user dan spesifikasi dari fungsionalitas yang akan dibuat. Berikut ini langkah pengerjaan mainan ini, Anda diminta membuat group yang terdiri dari maksimal 5 mahasiswa Tentukan Topik aplikasi yang akan dibuat rancangan UX nya,…