Category: kuliah

  • Mainan #6 Peng.Multimedia: Progress 1 Project Video

    Mainan #6 Peng.Multimedia: Progress 1 Project Video

    Sebelum mengawali pengerjaan project Video Multimedia, Anda disarankan untuk membaca informasi mengenai project “Planning and Costing” dari buku Tay Vaughan. Hal ini membicarakan mulai dari tahapan pencarian Ide kreatif untuk konten yang akan dibuat, sampai memikirkan bagaimana konten tersebut akan sampai pada user atau client. Merencanakan sesuatu dengan baik, sama halnya dengan merencanakan kesuksesan dari…

  • Persiapan Assessment #2 IUXD User Experience

    Persiapan Assessment #2 IUXD User Experience

    Untuk mempersiapkan Assessment kedua IUXD, anda perlu membaca referensi dari 2 buku utama yang pernah disampaikan, About Face 3 : The Essential of Interaction Design (Alan Cooper) Interaction Design (Roger – Sharp) Berikut ini beberapa slide materi hasil diskusi dikelas, berkaitan dengan materi UX design. Silahkan dibaca sebagai bahan persiapan Assessment #2. (masih banyak yang…

  • Mainan #5 Peng.Multimedia : Festival Film Pendek

    Untuk praktek dan persiapan Assessment pada Kajian #3 ini, Anda diminta mengikuti kompetisi tingkat nasional pada Festival Film Pendek Indonesia. http://www.kompas.tv/ffpi2016/ Info lebih lengkap dapat dilihat pada link kompetisi diatas. Proses pengerjaan Project kompetisi ini akan menjadi bahan materi pada kajian ke-3, dan tentunya jadi bahan penilaian juga untuk kajian akhir mata kuliah Pengantar Multimedia.…

  • Mainan #5 IUXD: UX Design Documentation

    Mainan #5 IUXD: UX Design Documentation

    Fokus dari pengerjaan Design menggunakan konsep User Center Design adalah menghasilkan dokumen perancangan yang berorientasi pada kebutuhan user. Dikenal juga istilah penggunaan UX Document, untuk menyatakan hasil design UX yang dikembangkan seperti tahapan pengerjaan UX. Anda pasti masih ingatkan 5 tahapan UX yang diajarkan oleh Om Garret? mulai dari Strategic sampai Surface? Dokumentasi yang baik…

  • Persiapan Assessment #2 Pengantar Multimedia

    Persiapan Assessment #2 Pengantar Multimedia

    Berikut ini adalah informasi seputar persiapan Assessment #2 mata kuliah Pengantar Multimedia. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, materi Kajian ini diambil dari 4 Chapter materi pada buku referensi, yaitu: Animation Video Making Multimedia Multimedia Skills Pengetahuan pada materi tersebut Anda butuhkan untuk proses pembuatan video kreatif di Tim Anda. Pastikan Anda submit Video pada event Kompetisi…

  • Mainan IUXD 2016: The Essentials of Interaction Design

    The Essentials of Interaction Design, merupakan buku baru yang akan kita kupas pada pekan ini. https://www.google.co.id/search?q=The+Essentials+of+Interaction+Design&oq=The+Essentials+of+Interaction+Design&aqs=chrome..69i57j0l5.629j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8 Silahkan Anda temukan buku tersebut, bisa soft atau hard copy. Pembagian Kelompok Presentasi “Selasa” dan “Kamis” pekan depan. NIM NAMA Group Chapter 6301120161 BIMO WICAKSONO KUNTING 1 1 6301130189 ALBERT ANTHONI SILABAN 1 1 6301134017 FIRNADIA AFNAN ARRAHMI 1…

  • Persiapan Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016

    Persiapan Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016

    Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016. Setelah sempat tertunda selama 2 pekan, maka pada pekan kedua bulan Oktober 2016 akan diadakan Assessment kajian #1 mata kuliah Pengantar Multimedia. Informasi ini khusus untuk mahasiswa D4 Sistem Multimedia angkatan 2016. Referensi utama kajian 1 diambil dari buku karangan “Tay Vaughan”. Berikut ini materi kajian 1 yang akan diujikan…

  • Mainan #4 IUXD: 5 Elements of UX

    Mainan #4 IUXD: 5 Elements of UX

    Materi tentang 5 Elements of UX, adalah lanjutan dari konsep dasar tentang penerapan User Experience Design. Teori ini disampaikan oleh Jesse James Garrett, pada bukunya: Jesse James Garrett. The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, 2nd Edition Anda pasti sudah memahami hal ini secara umum, atau minimal telah memiliki softcopy buku…

  • Mainan#3 Peng.Multimedia: Multimedia Audio

    Mainan#3 Peng.Multimedia: Multimedia Audio

    Multimedia Audio adalah topik bahasan kita pekan ini. Khusus untu kelas Pengantar Multimedia untuk mahasiswa D4 Sistem Multimedia. Referensi yang digunakan masih dari buku Tay Vaughan, chapter mengenai Audio. Sebagai Introduction, mari kita lihat perkembangan Multimedia Audio (dan juga video) pada beberapa generasi berikut ini. Anda diminta untuk membaca, memahami dan mengeksplorasi; Chapter tentang Audio,…

  • Mainan#2 Peng.Multimedia: Multimedia and Images

    Mainan#2 Peng.Multimedia: Multimedia and Images

    Materi Multimedia and Images, dan mainan ini khusus untuk kelas D4 Sistem Multimedia, dengan mata kuliah Pengantar Multimedia. Anda diminta untuk membaca petunjuk mainan dengan baik dan benar. Melanjutkan materi pada pertemuan pekan sebelulmnya, yaitu mengenai komponen multimedia Images. Komponen ini merupakan bentuk pengembangan secara visual pada display perangkat komputer. Anda diminta untuk memahami sejak awal…

  • Mainan #2 IUXD : Key Interaction Design

    Mainan #2 IUXD : Key Interaction Design

    Key Interaction Design. Informasi ini khusus untuk mahasiswa pada kelas Implementasi User Experince Design (IUXD) kelas 2014. Mainan kali ini adalah untuk pertemuan pekan ke 2-3. Berikut ini detil mainan yang harus dikerjakan, Buatlah kelompok berisi 3 mahasiswa Temukan satu saja aplikasi/games Interaktif pada Google Store: https://chrome.google.com/webstore/category/apps Kemudian mainkan atau gunakan aplikasi itu. Amati setiap…

  • Guide (Ujian Khusus) UK RIA Agustus 2016

    Guide (Ujian Khusus) UK RIA Agustus 2016

    UK RIA Agustus 2016 kali ini akan membahas mengenai ujian khusus, yang dapat digunakan untuk mahasiswa yang akan sidang dibulan Agustus 2016. Berikut ini beberapa pilihan topik materi ujian RIA yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Fitur Multimedia: http://www.html5rocks.com/it/features/multimedia Fitur Audio/Video: http://www.html5rocks.com/en/tutorials/getusermedia/intro/   Cara pengerjaan Ujian Khusus RIA 2016 Mahasiswa diminta untuk mengikuti beberapa petunjuk pengerjaan Ujian khusus RIA 2016…

  • Mahasiswa Kerja Praktek 2016 TFN

    Mahasiswa Kerja Praktek 2016 TFN

    Kerja Praktek 2016 TFN. Sehubungan dengan adanya agenda Kerja Praktek dan Praktek Kerja Lapangan gelombang 16 Mei 2016 s.d. 24 Juni 2016, periode genap 2015/2016. Berikut ini adalah daftar mahasiswa yang menjadi mahasiswa bimbingan TFN. No NIM Nama Prodi Nama Perusahaan Pembimbing 1 6701144114 Igor Fadhilah Hibatullah D3MI PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk TFN 2 6701144236 Dwita…

  • Mainan UID 2016: Ethnographic Observation

    Pada Kajian kedua, diingatkan kembali untuk Anda memiliki buku “Design User Interface” karangan Ben Shneiderman, yang memuat banyak prinsip mengenai UID. Salah satunya, pada chapter 2, dijelaskan mengenai “the eight golden rules of interface design”. Strive for consistency Cater to universal usability Offer informative feedback Design dialogs to yield closure Prevent errors Permit easy reversal…

  • Mainan RIA 2016 : Layout Web HTML5 RWD

    Mahasiswa diwajibkan untuk bisa menguasai dengan baik penggunaan teknik Responsive Web Design, sebagai salah satu kompetensi pada kajian 1 ini. Berikut beberapa link pada perkuliahan sebelumnya yang bisa digunakan untuk referensi penggunaan layout RWD, http://tambunan.staff.telkomuniversity.ac.id/2015/09/05/mainan-ria-2015-layout-responsive-html5/ http://tambunan.staff.telkomuniversity.ac.id/2015/11/25/mainan-web-design-2015-responsive-template/ Tujuan dari penggunaan layout RWD adalah untuk membuat aplikasi yang digunakan dapat menampilkan informasi dan fungsionalitas dengan baik pada…

  • Mainan DIP 2015: Assessment Kajian 3 (Prototyping)

    Berikut ini adalah mainan yang harus Anda kerjakan pada Assessment Kajian 3, untuk mata kuliah desain interaksi pengguna. Silahkan merujuk pada referensi buku yang telah disampaikan sebelumnya, http://tambunan.staff.telkomuniversity.ac.id/2015/12/11/dip-mcc-2015-persiapan-assessment-kajian-3-dip/.  Setiap jawaban yang Anda kerjakan harus merujuk pada buku tersebut, jika tidak maka dianggap tidak menjawab dengan baik dan benar. Perhatikan mainan berikut, Sebutkan dan Jelaskan (min.3) kelebihan…