Mainan#2 Peng.Multimedia: Multimedia and Images


Materi Multimedia and Images, dan mainan ini khusus untuk kelas D4 Sistem Multimedia, dengan mata kuliah Pengantar Multimedia. Anda diminta untuk membaca petunjuk mainan dengan baik dan benar.

JPG, PNG, GIFF, Type of Multimedia and Image Format?
JPG, PNG, GIFF, Type of Multimedia and Image Format?

Melanjutkan materi pada pertemuan pekan sebelulmnya, yaitu mengenai komponen multimedia Images. Komponen ini merupakan bentuk pengembangan secara visual pada display perangkat komputer. Anda diminta untuk memahami sejak awal beberapa istilah dasar dari penggunaan komponen Images ini. Buku referensi yang harus Anda baca adalah,

  • Tay Vaughan. Multimedia Making it Work. Chapter 3: Images.

Pastikan Anda membaca dengan baik dan benar seluruh bagian materi pada penjelasan Chapter 3 tersebut. Jika masih mengalami kesulitan dalam membaca Text Books dalam bahasa English, maka berlatihlah. Anda bisa juga membuat intisari dari hasil proses baca Anda pada Chapter 3 agar lebih mudah memahami dan meresapi isi materi tersebut.

Mainan tentang Multimedia and Images?

Berikut ini detil mainan untuk materi Multimedia and Images  yang harus Anda kerjakan,

  1.  Buatlah ilustrasi dan penjelasan mengenai cara kerja layar LCD menyajikan warna grafis dalam format RGB. Jelaskan juga bagaimana mekanisme kerja layar LCD tersebut sehingga bisa menyajikan jutaan warna yang menawan, sesuai dengan format ukuran Bit Color yang dimilikinya.
  2. Jelaskan cara penggunaan warna dan perbedaannya, untuk teknik pewarnaan dengan format RGB, Hexadecimal dan CMYK.
    • Misal cara penggunaan, tuliskan kode format warna Merah Marun, dalam format RGB, Hexadecimal dan CMYK
  3. Jelaskan perbedaan Image dengan karakteristik Vector-based dan Pixel-based (bitmap). Ceritakan juga bagaimana penggunaan kedua element Image tersebut, dan keterbatasan/kekurangannya.
  4. Sebuah Image 4-bit dapat menyajikan 16 warna berbeda, sedangkan Image dengan 24-bit dapat menyajikan lebih dari 16 juta warna yang berbeda. Semakin besar bit-color akan memperkaya ketajaman gambar dan variasi warna yang dapat dimunculkan. Untuk 1 bit-color maka hanya akan menghasilkan 2 warna saja, yaitu black atau white. Anda diminta untuk membuat foto group dengan ketentuan sebagai berikut,
    1. Object gambar adalah seluruh anggota kelompok, bisa menggunakan perangkat capturing/camera apapun.
    2. Kemudian Anda diminta untuk memodifikasi bit-color gambar (Object gambar harus sama, boleh menggunakan tools image apapun) tersebut menggunakan format image
      • 1 bit-color,
      • 8 bit-color dan
      • 24 bit-color.
    3. Amati perbedaan gambar yang Anda hasilkan.
    4. Lalu tuliskan dalam bentuk tabel data dari masing-masing gambar tersebut, diantaranya
      • Clipping gambar hasil print-out (ditempelkan) pada tabel,
      • data besaran file,
      • informasi tipe format bit-color dan format image,
      • data jumlah warna yang dihasilkan,
      • data resolution dari gambar tersebut
  5. Cari tahu penjelasan dan definisi dari beberapa istilah berikut ini,
    1. BMP
    2. GIF
    3. JPEG
    4. PNG
    5. TIFF
    6. PSD
    7. SVG
    8. CDR
    9. AI

Bagaimana cara pengerjaan mainan ini?

Berikut ini adalah ketentuan pengerjaan mainan Pengantar Multimedia,

  1. Kerjakan mainan ini secara berkelompok, maksimal 2 mahasiswa/kelompok
  2. Mainan nomer 1-5, dikerjakan pada kertas A4, dengan tulisan tangan yang rapih dan terbaca dengan baik, semua harus dijawab!
  3. Khusus untuk jawaban no.4, Anda harus menyertakan clipping hasil print-out gambar, yang ditempel pada tabel jawaban Anda. Pada no.4 ini, berikan juga penjelasan terhadap hasil gambar yang Anda hasilkan
  4. Jangan lupa untuk menuliskan identitas kelompok Anda dengan lengkap pada kertas jawaban (Nama, Nim, Kelas, Matkul, tgl, dll)
  5. Mainan ini dikumpulkan pada pekan depan, dan menjadi syarat untuk mengikuti perkuliahan berikutnya.

 

Gimana, mudah kan? 🙂

Jika ada yang masih membingungkan, silahkan bertanya melalui email atau komentar pada blog ini.

Thanks, TFN

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *