Category: multimedia

  • Mainan #5 GrafCit: Persiapan Assessment

    Berikut ini beberapa materi tambahan dari slide koordinator perkuliahan Grafika dan Citra komputer, yang bisa kalian pergunakan (khusus untuk D4 Sistem Multimedia). MATERI Gafcit-2016 Selain dari sumber tersebut, Anda juga bisa mendapatkan dari materi online lainnya, yang berkaitan dengan Grafika Komputer, atau bisa juga mengambil dari buku Grafika. Untuk mempersiapkan Assessment, Anda bisa mengerjakan beberapa…

  • Mainan #3 GrafCit: Algoritma Lingkaran

    Mainan #3 GrafCit: Algoritma Lingkaran

    Mainan ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Grafika dan Citra Komputer pada kelas TFN. Anda disarankan untuk membaca beberapa referensi terkait dengan materi lingkaran, https://www.tutorialspoint.com/computer_graphics/circle_generation_algorithm.htm https://www.youtube.com/watch?v=QeOvZTYlmAI https://en.wikipedia.org/wiki/Midpoint_circle_algorithm Bresenham’s Circle Algorithm Logika dari pembentukan lingkaran tidak jauh berbeda dengan pembentukan garis. Setiap titik koordinat yang dibuat sebisa mungkin sempurna membentuk keliling lingkaran. Pada pembentukan…

  • Mainan #2 GrafCit: Algoritma DDA vs Bressenham?

    Mainan #2 GrafCit: Algoritma DDA vs Bressenham?

    Mainan ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Grafika dan Citra Komputer pada kelas TFN. Anda disarankan untuk membaca beberapa referensi berikut ini (atau bisa mencari referensi lain yang sejenis), https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_differential_analyzer_(graphics_algorithm) https://www.tutorialspoint.com/computer_graphics/line_generation_algorithm.htm https://en.wikipedia.org/wiki/Bresenham%27s_line_algorithm https://www.cs.helsinki.fi/group/goa/mallinnus/lines/bresenh.html Beberapa referensi penjelasan mengenai teknik pembuatan garis ini juga bisa Anda dapatkan di Youtube. Simple Digital Differential Analyzer (DDA) Secara…

  • Bonus Nilai Pengantar Multimedia, Juara Video Anti Korupsi!

    Bonus Nilai Pengantar Multimedia, Juara Video Anti Korupsi!

    Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) Telkom University, telah melakukan proses pendaftaran dan pengumpulan karya pada 11 Oktober – 14 November 2016. Selama rentang waktu tersebut terkumpul sebanyak 582 karya. Diantara sekian banyak karya tersebut, ada 2 Tim dari Kelas D4 Sistem Multimedia yang berhasil menjuarai lomba untuk Kategori Iklan Layanan Masyarakat. Info lebih lanjut ada di https://ctle.telkomuniversity.ac.id/pemenang-kompetisi-propaganda-antikorupsi-2016/…

  • Final Destination Peng.Multimedia: Assessment #3

    Final Destination Peng.Multimedia: Assessment #3

    Pekan ini (awal Desember) menjadi pekan terakhir untuk penyelesaian kuliah pengantar multimedia. Seperti informasi yang telah disampaikan sebelumnya, maka Assessment kajian #3 akan menggunakan penilaian dari hasil project Film Pendek dari Festival yang diselenggarakan oleh Kompas. http://www.kompas.tv/ffpi2016 Sangat penting untuk Anda memberikan hasil karya yang terbaik dalam kompetisi ini. Sebagai bentuk keseriusan Anda dalam mendalami…

  • Mainan #6 Peng.Multimedia: Progress 1 Project Video

    Mainan #6 Peng.Multimedia: Progress 1 Project Video

    Sebelum mengawali pengerjaan project Video Multimedia, Anda disarankan untuk membaca informasi mengenai project “Planning and Costing” dari buku Tay Vaughan. Hal ini membicarakan mulai dari tahapan pencarian Ide kreatif untuk konten yang akan dibuat, sampai memikirkan bagaimana konten tersebut akan sampai pada user atau client. Merencanakan sesuatu dengan baik, sama halnya dengan merencanakan kesuksesan dari…

  • Mainan #5 Peng.Multimedia : Festival Film Pendek

    Untuk praktek dan persiapan Assessment pada Kajian #3 ini, Anda diminta mengikuti kompetisi tingkat nasional pada Festival Film Pendek Indonesia. http://www.kompas.tv/ffpi2016/ Info lebih lengkap dapat dilihat pada link kompetisi diatas. Proses pengerjaan Project kompetisi ini akan menjadi bahan materi pada kajian ke-3, dan tentunya jadi bahan penilaian juga untuk kajian akhir mata kuliah Pengantar Multimedia.…

  • Mainan #5 IUXD: UX Design Documentation

    Mainan #5 IUXD: UX Design Documentation

    Fokus dari pengerjaan Design menggunakan konsep User Center Design adalah menghasilkan dokumen perancangan yang berorientasi pada kebutuhan user. Dikenal juga istilah penggunaan UX Document, untuk menyatakan hasil design UX yang dikembangkan seperti tahapan pengerjaan UX. Anda pasti masih ingatkan 5 tahapan UX yang diajarkan oleh Om Garret? mulai dari Strategic sampai Surface? Dokumentasi yang baik…

  • Mainan IUXD 2016: The Essentials of Interaction Design

    The Essentials of Interaction Design, merupakan buku baru yang akan kita kupas pada pekan ini. https://www.google.co.id/search?q=The+Essentials+of+Interaction+Design&oq=The+Essentials+of+Interaction+Design&aqs=chrome..69i57j0l5.629j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8 Silahkan Anda temukan buku tersebut, bisa soft atau hard copy. Pembagian Kelompok Presentasi “Selasa” dan “Kamis” pekan depan. NIM NAMA Group Chapter 6301120161 BIMO WICAKSONO KUNTING 1 1 6301130189 ALBERT ANTHONI SILABAN 1 1 6301134017 FIRNADIA AFNAN ARRAHMI 1…

  • Soal Assessment 1 Pengantar Multimedia 2016

    Soal Assessment 1 Pengantar Multimedia 2016

    Berikut ini adalah Soal Assessment 1 Pengantar Multimedia 2016. Assessment yang diumumkan pada Blog ini hanya berlaku untuk mahasiswa kelas D4SM-40-01 dan D4SM-40-02 Download Soal Assessment untuk kelas D4SM-40-01 : Asessment I Pengantar Multimedia-D4SM40-01 Download Soal Assessment untuk kelas D4SM-40-02 : Asessment I Pengantar Multimedia-D4SM40-02 Pastikan Anda membaca petunjuk dengan lengkap, teliti dan detil. Jangan sampai salah…

  • Persiapan Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016

    Persiapan Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016

    Assessment #1 Pengantar Multimedia 2016. Setelah sempat tertunda selama 2 pekan, maka pada pekan kedua bulan Oktober 2016 akan diadakan Assessment kajian #1 mata kuliah Pengantar Multimedia. Informasi ini khusus untuk mahasiswa D4 Sistem Multimedia angkatan 2016. Referensi utama kajian 1 diambil dari buku karangan “Tay Vaughan”. Berikut ini materi kajian 1 yang akan diujikan…

  • Mainan#3 Peng.Multimedia: Multimedia Audio

    Mainan#3 Peng.Multimedia: Multimedia Audio

    Multimedia Audio adalah topik bahasan kita pekan ini. Khusus untu kelas Pengantar Multimedia untuk mahasiswa D4 Sistem Multimedia. Referensi yang digunakan masih dari buku Tay Vaughan, chapter mengenai Audio. Sebagai Introduction, mari kita lihat perkembangan Multimedia Audio (dan juga video) pada beberapa generasi berikut ini. Anda diminta untuk membaca, memahami dan mengeksplorasi; Chapter tentang Audio,…

  • Mainan#2 Peng.Multimedia: Multimedia and Images

    Mainan#2 Peng.Multimedia: Multimedia and Images

    Materi Multimedia and Images, dan mainan ini khusus untuk kelas D4 Sistem Multimedia, dengan mata kuliah Pengantar Multimedia. Anda diminta untuk membaca petunjuk mainan dengan baik dan benar. Melanjutkan materi pada pertemuan pekan sebelulmnya, yaitu mengenai komponen multimedia Images. Komponen ini merupakan bentuk pengembangan secara visual pada display perangkat komputer. Anda diminta untuk memahami sejak awal…