Category: Uncategorized

  • Mainan #5 Proyek 1: Dokumen Laporan Proyek1 2017

    Berikut ini adalah dokumen laporan untuk kuliah Proyek 1 tahun 2017. Perlu diingat bahwa kuliah ini juga berkaitan dengan 4 mata kuliah lainnya, sehingga Anda hanya perlu melaporkan semuanya dalam dokumen ini, Berikut mata kuliah yang saling berkaitan dengan Proyek, Proses Bisnis Implementasi Desain Antarmuka Pengguna Pemrograman Berorientasi Objek Perancangan Basis Data Silahkan dibaca dan…

  • Mainan #6 IDAP: Responsive Web Design

    Mainan #6 IDAP: Responsive Web Design

    Sebelum mengerjakan mainan ini, Anda harus sudah benar2 paham dulu tentang pembuatan design web sederhana menggunakan HTML dan CSS. Jika belum, maka materi ini akan menjadi semakin rumit untuk Anda cerna. Jangan malu bertanya pada dosen jika masih belum paham tentang materi sebelumnya. Materi Responsive Web Design (RWD) dapat Anda temukan pada, Modul Praktikum kajian…

  • Mainan #6 Grafcit : Introduction Citra Digital

    Untuk materi kajian kedua akan fokus pada pembahasan pengolahan Citra Digital. Berikut ini beberapa topik pembahasan yang perlu Anda ketahui pada materi pengenalan Citra ini, Pengertian tentang Image Processing dan Computer Vision Pemahaman teknik Image Enhancement, Image Segmentation dan Image Restoration, serta mengetahui perbedaannya Berbagai teknik dan format Coloring pada citra digital (RGB, CMYK, etc)…

  • Mainan #5 IDAP: CSS Basic Scripting

    Silahkan kerjakan mainan ini secara individu. Untuk referensi CSS yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut, Buku: learning web design, 4th edition, O’Reilly. Buku: The CSS3 Anthology, 4th edition. Sitepoint. Link: https://www.w3schools.com/css/ Pastikan Anda memahami teknik dasar penggunaan script HTML dan CSS ini. Perhatikan mainan berikut ini, Anda diminta untuk membuat layout web yang terdiri dari bagian…

  • Mainan #4 GrafCit: Objek Primitif & Transformasi 2D

    Berikut ini beberapa latihan yang akan kita gunakan untuk persiapan Assessment #1. Apakah perbedaan raster display dan vector display? Diketahui dua titik untuk membentuk garis yaitu A (18,10) dan B(30,18). Buatlah tabel perhitungan langkah-langkkah pembentukan garis dan gambarlah grafik untuk titik yg dihasilkan dengan (a) DDA dan (b) Bresenham! Diketahui sebuah lingkaran dengan pusat (4,3)…

  • Mainan #4 IDAP: Persiapan Assessment #1

    Mainan #4 IDAP: Persiapan Assessment #1

    Yes! Pekan ini kita akan melaksanakan Assessment kajian 1. Materi seputar dasar penerapan konsep UID, dan implementasi script HTML. Assessment kali ini akan dilaksanakan dengan ketentuan, Close Book Close Friends Live Coding! Berikut ini beberapa latihan yang bisa Anda coba untuk menghadapi Assessment kajian #1. Selamat Mencoba! Mainan kali ini? Berikut ini petunjuk pengerjaan mainan,…

  • Mainan #3 IDAP: 8 Golden Rules UI (Shneiderman)

    Mainan #3 IDAP: 8 Golden Rules UI (Shneiderman)

    Pakar UID Ben Shneiderman menjelaskan tentang principle UI berdasarkan acuan pengguna. Salah satu yang terkenal banyak diterapkan oleh para ahli IT adalah prinsip 8 Golden Rules. Tinjauan utama konsep ini terdapat dalam buku “Designing User Interface” karangan Ben Shneiderman. Anda perlu untuk mengetahui opini mengenai prinsip ini, https://www.cs.umd.edu/users/ben/goldenrules.html https://www.interaction-design.org/literature/article/shneiderman-s-eight-golden-rules-will-help-you-design-better-interfaces https://faculty.washington.edu/jtenenbg/courses/360/f04/sessions/schneidermanGoldenRules.html https://en.wikipedia.org/wiki/Ben_Shneiderman Pelajari tentang konsep tersebut,…

  • Mainan #2 GrafCit: Algoritma DDA vs Bressenham?

    Mainan #2 GrafCit: Algoritma DDA vs Bressenham?

    Mainan ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Grafika dan Citra Komputer pada kelas TFN. Anda disarankan untuk membaca beberapa referensi berikut ini (atau bisa mencari referensi lain yang sejenis), https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_differential_analyzer_(graphics_algorithm) https://www.tutorialspoint.com/computer_graphics/line_generation_algorithm.htm https://en.wikipedia.org/wiki/Bresenham%27s_line_algorithm https://www.cs.helsinki.fi/group/goa/mallinnus/lines/bresenh.html Beberapa referensi penjelasan mengenai teknik pembuatan garis ini juga bisa Anda dapatkan di Youtube. Simple Digital Differential Analyzer (DDA) Secara…

  • Mainan #2 IDAP 2017: HTML Form (Basic)

    Mainan #2 IDAP 2017: HTML Form (Basic)

    Mainan ini khusus untuk kelas mata kuliah IDAP dosen TFN. Anda diminta untuk mengerjakan mainan berikut ini, sebagai bahan latihan praktikum. Silahkan ikuti petunjuk permainan dibawah ini, Buatlah Form Input menggunakan HTML, Anda diminta membuatnya dengan design dan layout yang menarik, mudah dipahami dan sesuai karakteristik data. Untuk NIM (digit terakhir GENAP), buat form PENDAFTARAN…

  • Mainan Proyek 1: Proposal IDE PKM

    Mainan Proyek 1: Proposal IDE PKM

    Sesuai dengan Target perkuliahan Proyek 1, http://tambunan.staff.telkomuniversity.ac.id/mainan-proyek-1-2016-persiapan-ide-dan-proposal/. Untuk pekan ini setiap Group harus menghasilkan proposal IDE sesuai dengan template dari PKM Karya Tulis DIKTI. Berikut ini beberapa hal yang harus dihasilkan, Berkas Proposal lengkap (mulai dari cover sampai lembar pernyataan), sesuai dengan format PKM Lembar Kontrol Administrasi, untuk memudahkan Anda mendapatkan Akun Online PKM dari…

  • Download Data Dummy Training Excel BPTPH Jabar

    Silahkan dowload data untuk bahan Training BPTPH Prov Jabar data-contoh2 dan data-contoh1, Modul Training, Modul Excel BPTPH

  • Persiapan Assessment #2 Pengantar Multimedia

    Persiapan Assessment #2 Pengantar Multimedia

    Berikut ini adalah informasi seputar persiapan Assessment #2 mata kuliah Pengantar Multimedia. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, materi Kajian ini diambil dari 4 Chapter materi pada buku referensi, yaitu: Animation Video Making Multimedia Multimedia Skills Pengetahuan pada materi tersebut Anda butuhkan untuk proses pembuatan video kreatif di Tim Anda. Pastikan Anda submit Video pada event Kompetisi…

  • Mainan #4 Peng.Multimedia: Making Multimedia (Basic)

    Mainan #4 Peng.Multimedia: Making Multimedia (Basic)

    Mainan “Making Multimedia” ini dikerjakan sebagai bahan pengembangan kajian 2 mata kuliah ini. Setiap mahasiswa disarankan untuk membaca materi pada chapter 7 terlebih dahulu. Mind Map dapat mempermudah kalian dalam memahami materi yang ada pada buku atau referensi. Ini mirip seperti merangkum materi tapi dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Kitat hanya cukup…

  • Modul 5 Praktikum Web Programming Sismul 2017

    Modul 5 ini kita akan membahas tentang PHP. modul5-webpro-sismul-2017 selamat mencoba!

  • Mainan #3 IUXD: Basic User Experience

    Mainan #3 IUXD: Basic User Experience

    Basic User Experience merupakan materi lanjutan dari pengembangan konsep Interaction Design, terutama pada bidang keilmuan Human Computer Interaction. Pada materi 2 pekan berikutnya, kita akan menggunakan buku referensi berikut ini, Jesse James Garrett. The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, 2nd Edition Rogers, Sharp. Interaction Design: Beyond Human – Computer…

  • Mainan#2 Peng.Multimedia: Multimedia and Images

    Mainan#2 Peng.Multimedia: Multimedia and Images

    Materi Multimedia and Images, dan mainan ini khusus untuk kelas D4 Sistem Multimedia, dengan mata kuliah Pengantar Multimedia. Anda diminta untuk membaca petunjuk mainan dengan baik dan benar. Melanjutkan materi pada pertemuan pekan sebelulmnya, yaitu mengenai komponen multimedia Images. Komponen ini merupakan bentuk pengembangan secara visual pada display perangkat komputer. Anda diminta untuk memahami sejak awal…