Pada kesempatan ini kita akan coba membahas hasil pengerjaan proposal PA yang telah Anda kerjakan 1 Pekan kemarin. Project PA MCC pada artikel ini khusus untuk membahas hasil proposal mahasiswa TFN saja. Berikut ini data terakhir pengumpulan Review (calon) PA mahasiswa MI-MCC 2013.
N | NIM | NAMA | JUDUL PA | TOPIK |
1 | 6301130075 | ADI PRABOWO | – | – |
2 | 6301130077 | DELLA MAUDY MAHARDIKA | PERANCANGAN DAN PENGIMPLEMENTASIAN GAME RPG “CHOOSE YOUR STORY IN FACULTY SCHOOL OF APPLIED SCIENCE TELKOM UNIVERSITY” | Games |
3 | 6301130081 | DIOBA AGUNG SAPUTRA | – | – |
4 | 6301130090 | IRA NOVITA SEMBIRING | Aplikasi Street View 3D untuk Gedung Kuliah Umum di Telkom University | Aplikasi Interaktif |
5 | 6301130093 | KENANGA ATH THARIQA SALSABIL | none | Aplikasi Interaktif |
6 | 6301130159 | NARITA REKY FIRNADA | none | Konten eLearning |
7 | 6301130164 | YUNI SARTIKA | IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DAN NEAR FIELD COMMUNICATION PADA PEMESANAN MAKANAN DI KANTIN TELKOM UNIVERSITY BERBASIS ANDROID | Aplikasi Interaktif |
8 | 6301130165 | DINDA ANINDITA | – | – |
9 | 6301130169 | ANNISA TAMARA | PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEB (E-LEARNING) PADA MATERI UNSUR SENYAWA KIMIA | Konten eLearning |
10 | 6301130172 | HAKKY ANSHARY | APLIKASI PENGOLAHAN DATA MAHASISWA ASRAMA BERBASIS WEB |
Aplikasi Sisfo |
11 | 6301130180 | ULFA FADHILAH AINI F DJAPRI | APLIKASI PENGENALAN LAGU BAHASA INGGRIS KHUSUS ANAK TAMAN KANAK-KANAK BERBASIS FLASH | Konten eLearning |
12 | 6301130188 | ALFIRA FEBRIYANTHI | APLIKASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5 DAN 6 BERBASIS HTML5 | Konten eLearning |
13 | 6301130197 | RILLYA CAHYANING TYAS | Aplikasi Bermain Dan Belajar Lagu Daerah Berbasis HTML5 | Konten eLearning |
14 | 6301130198 | MUTIA ARDINA | Media Pembelajaran Anak SD Pengenalan Kerajaan-kerajan Di Indonesia | Konten eLearning |
15 | 6301130200 | MUHAMAD REZA RIFALDI | – | – |
16 | 6301130231 | MARIO BENHARD | – | – |
17 | 6301130238 | WAODE AMALDHA BRILLYANA PUTRI | SIMULASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK PADA TUMBUHAN | Konten eLearning |
18 | 6301130251 | MUHAMAD MUNAWIR AMIN | none | Aplikasi Interaktif |
19 | 6301130257 | PUTI AISYAH NUUR RAMADHANIA | MEDIA PEMBELAJARAN KELAS 6 SD SEJARAH ASEAN BERBASIS FLASH | Konten eLearning |
20 | 6301130271 | SYIFA FAUZIAH | – | – |
21 | 6301130272 | JODI FABRIAN | – | – |
22 | 6301130279 | SANDY YUSEF LUTHFIANA | APLIKASI PEMBELAJARAN ALAT PERNAFASAN [Untuk siswa kelas 5 SD] | Konten eLearning |
23 | 6301131128 | MUHAMMAD RIO ALIFA RINAL KOTO | SISTEM PEMBELAJARAN MENGENAI ASTRONOMI BERBASIS FLASH UNTUK SMA ANGKASA BANDUNG KELAS 10 | Konten eLearning |
24 | 6301131206 | ANISA NURFIRDA RAMDHANI | Virtual Class dengan AR berbasis Android | Aplikasi Interaktif |
25 | 6301132136 | DINDA ANINDHITA | – | – |
26 | 6301132182 | DIDIT SUWARDI | – | – |
27 | 6301132253 | EMMA MALIKI PUTRI | – | – |
28 | 6301134003 | HELMI MULYADI | APLIKASI MENU PEMESANAN MAKANAN PADA RESTAURANT BERBASIS PHP | Aplikasi Interaktif |
29 | 6301134031 | DINDA AYU WARDANI | KONTEN E-LEARNING KEDOKTERAN GIGI DENGAN MENGGUNAKAN FLASH |
Konten eLearning |
30 | 6301134040 | RACHMA ELMIRA | Pembelajaran Interaktif Praktikum Pelajaran Kimia Kelas 10 | Konten eLearning |
31 | 6301134048 | RAHMAT KAFABIH | none | Konten eLearning |
32 | 6301134050 | SHASA HANGGANA AFRILIA | PEMBELAJARAN E-LEARNING MATA PELAJARAN BIOLOGI Untuk SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS 8 | Konten eLearning |
33 | 6301134051 | SHERVANO NAODIAS SIAGIAN | SISTEM PEMBELAJARAN MENGENAI JENIS – JENIS BINATANG UNTUK ANAK SD BERBASIS GAMES | Konten eLearning |
34 | 6301134052 | ANI DWI LIDIA DARMAYANTI | perkenalan jenis hewan pada anak usia 3 sampai 4 tahun | Konten eLearning |
35 | 6301134058 | IRA SARI NOVIANTI | Sistem informasi aplikasi perhitungan nilai semeter untuk anak sd harjamukti 4 depok dengan berbasis web html5 | Aplikasi Sisfo |
36 | 6301134062 | IDA BAGUS UTTARAYANA RAKE SANDJAJA | none | Konten eLearning |
37 | 6301134089 | DHIKA PRASETYA WIBAWA | SISTEM INFORMASI PEMBONGKARAN BATU BARA PADA PLTU SURALAYA DENGAN MENGGUNAKAN HTML | Aplikasi Sisfo |
38 | 6301134094 | IRMAYANTI MANDASARI | APLIKASI PENGENALAN ASMA UL HUSNA DAN KUMPULAN DOA SEHARI – HARI UNTUK ANAK USIA 6-8 TAHUN | Konten eLearning |
39 | 6301134096 | TEUKU RISKI RINALDI | Aplikasi Game Tebak Kata Dalam Ilmu Nusantara | Konten eLearning |
40 | 6301134097 | BAYU SATYA RINJANI | Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Biologi Kelas 12 (3SMA) Menggunakan Elearning | Konten eLearning |
41 | 6301134245 | WILY AMALUDIN SANJAYA | Konten Elearning / Media pembelajaran menggunakan Adobe Flash Action Script 3 | Konten eLearning |
Total ada 10 mahasiswa yang belum mengirimkan proposal PA untuk di Review oleh TFN. Masih bingung tentan PA topik MCC, silahakan baca dulu slide tentang Proyek Pembangunan Aplikasi Multimedia.
Hasil Review Project PA?
Hasil dari review ini bisa langsung dicek di email masing-masing. Berikut ini beberapa kesalahan umum yang terjadi pada pengerjaan Proposal PA tahap pertama ini.
- Proposal tidak dikerjakan sesuai aturan format yang berlaku. Perhatikan penggunaan layout/template buku, format tulisan dan tata tulis sesuai aturan. Ini sepele, tapi Penting!
- Studi Kasus bukan sekedar tempat/lokasi, tapi sumber masalah yang akan kita bereskan. Misal pada Aplikasi Pembelajaran, maka studi kasus bisa berupa “mata pelajaran YYY pada SMA XX”.
- “Rumusan Masalah”, berisi problem yang terjadi di tempat studi kasus Anda. Masalah yang diangkat bukan masalah seputar pembangunan Aplikasi. Sebaiknya informasi masalah ini dilengkapi dengan data yang diceritakan pada bagian Latar Belakang. Hindari Asumsi yang berlebihan, misalnya “banyak anak usia sekolah yang lebih tertarik menggunakan Android” (apakah ada datanya??)
- “Tujuan” adalah solusi yang Anda akan berikan untuk menyelesaikan problem yang terjadi pada Studi Kasus. Solusi tersebut bisa berupa fitur atau fungsionalitas yang akan ada pada Aplikasi/Games yang Anda buat. Hindari kata yang bersifat Kualitatif pada bagian tujuan, gunakan penjabaran secara kuantitatif saja.
- Ceritakan bagian “Latar Belakang” secara narasi, untuk lebih menjabarkan Ide PA Anda, Masalah pada Studi Kasus Anda, dan Solusi Teknologi yang menjadi Tujuan dari PA Anda.
- Untuk Topik eLearning, perjelas sumber referensi dari materi pembelajaran, misalnya dari Buku Pelajaran. Perjelas juga model pembelajaran yang akan Anda sajikan dalam aplikasi (hal ini sangat bergantung pada kreatifitas Anda).
- Untuk Topik Aplikasi Interkatif, Anda perlu secara rinci dan sistematis Teknologi yang akan digunakan dan bagaimana penerapannya. Harus ada hubugan antara fitur teknologi dengan solusi bagi masalah studi kasus (aspek manfaat). Teknologi tidak harus ribet, yang penting simple, kreatif dan solusi (bermanfaat).
- Untuk Topik Games, sangat penting bagi Anda menjelaskan alur permainan atau skenario cerita yang diangkat. Khusus untuk Games edukasi harus menjelaskan manfaat permainan terhadap pembelajaran, dan lebih baik lagi juga alurnya disesuaikan dengan materi pembelajaran. Topik ini mengharuskan Anda mengetahui berbagai jenis Genre Games (Arcade, RPG, Fighting, dll)
Demikian hasil Review PA secara umum, untuk pembahasan pada BAB 1. Selanjutnya kita akan bahas tentang penerapan Tinjauan Pustaka dan membuat bagian Perancangan. Terus berusahalah untuk memperbaiki hasil pekerjaan proposal Anda.
Silahkan bertanya melalui email atau komentar pada blog ini! 😀