PPAM 2015 : Review Project PA MCC


Pada kesempatan ini kita akan coba membahas hasil pengerjaan proposal PA yang telah Anda kerjakan 1 Pekan kemarin. Project PA MCC pada artikel ini khusus untuk membahas hasil proposal mahasiswa TFN saja. Berikut ini data terakhir pengumpulan Review (calon) PA mahasiswa MI-MCC 2013.

N NIM NAMA JUDUL PA TOPIK
1 6301130075 ADI PRABOWO
2 6301130077 DELLA MAUDY MAHARDIKA PERANCANGAN DAN PENGIMPLEMENTASIAN GAME RPG “CHOOSE YOUR STORY IN FACULTY SCHOOL OF APPLIED SCIENCE TELKOM UNIVERSITY” Games
3 6301130081 DIOBA AGUNG SAPUTRA
4 6301130090 IRA NOVITA SEMBIRING Aplikasi Street View 3D untuk Gedung Kuliah Umum di Telkom University Aplikasi Interaktif
5 6301130093 KENANGA ATH THARIQA SALSABIL none Aplikasi Interaktif
6 6301130159 NARITA REKY FIRNADA none Konten eLearning
7 6301130164 YUNI SARTIKA IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DAN NEAR FIELD COMMUNICATION PADA PEMESANAN MAKANAN DI KANTIN TELKOM UNIVERSITY BERBASIS ANDROID Aplikasi Interaktif
8 6301130165 DINDA ANINDITA
9 6301130169 ANNISA TAMARA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEB (E-LEARNING) PADA MATERI UNSUR SENYAWA KIMIA Konten eLearning
10 6301130172 HAKKY ANSHARY APLIKASI PENGOLAHAN DATA MAHASISWA ASRAMA
BERBASIS WEB
Aplikasi Sisfo
11 6301130180 ULFA FADHILAH AINI F DJAPRI APLIKASI PENGENALAN LAGU BAHASA INGGRIS KHUSUS ANAK TAMAN KANAK-KANAK BERBASIS FLASH Konten eLearning
12 6301130188 ALFIRA FEBRIYANTHI APLIKASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5 DAN 6 BERBASIS HTML5 Konten eLearning
13 6301130197 RILLYA CAHYANING TYAS Aplikasi Bermain Dan Belajar Lagu Daerah Berbasis HTML5 Konten eLearning
14 6301130198 MUTIA ARDINA Media Pembelajaran Anak SD Pengenalan Kerajaan-kerajan Di Indonesia Konten eLearning
15 6301130200 MUHAMAD REZA RIFALDI
16 6301130231 MARIO BENHARD
17 6301130238 WAODE AMALDHA BRILLYANA PUTRI SIMULASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK PADA TUMBUHAN Konten eLearning
18 6301130251 MUHAMAD MUNAWIR AMIN none Aplikasi Interaktif
19 6301130257 PUTI AISYAH NUUR RAMADHANIA MEDIA PEMBELAJARAN KELAS 6 SD SEJARAH ASEAN BERBASIS FLASH Konten eLearning
20 6301130271 SYIFA FAUZIAH
21 6301130272 JODI FABRIAN
22 6301130279 SANDY YUSEF LUTHFIANA APLIKASI PEMBELAJARAN ALAT PERNAFASAN [Untuk siswa kelas 5 SD] Konten eLearning
23 6301131128 MUHAMMAD RIO ALIFA RINAL KOTO SISTEM PEMBELAJARAN MENGENAI ASTRONOMI BERBASIS FLASH UNTUK SMA ANGKASA BANDUNG KELAS 10 Konten eLearning
24 6301131206 ANISA NURFIRDA RAMDHANI Virtual Class dengan AR berbasis Android Aplikasi Interaktif
25 6301132136 DINDA ANINDHITA
26 6301132182 DIDIT SUWARDI
27 6301132253 EMMA MALIKI PUTRI
28 6301134003 HELMI MULYADI APLIKASI MENU PEMESANAN MAKANAN PADA RESTAURANT BERBASIS PHP Aplikasi Interaktif
29 6301134031 DINDA AYU WARDANI KONTEN E-LEARNING KEDOKTERAN GIGI
DENGAN MENGGUNAKAN FLASH
Konten eLearning
30 6301134040 RACHMA ELMIRA Pembelajaran Interaktif Praktikum Pelajaran Kimia Kelas 10 Konten eLearning
31 6301134048 RAHMAT KAFABIH none Konten eLearning
32 6301134050 SHASA HANGGANA AFRILIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MATA PELAJARAN BIOLOGI Untuk SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS 8 Konten eLearning
33 6301134051 SHERVANO NAODIAS SIAGIAN SISTEM PEMBELAJARAN MENGENAI JENIS – JENIS BINATANG UNTUK ANAK SD BERBASIS GAMES Konten eLearning
34 6301134052 ANI DWI LIDIA DARMAYANTI perkenalan jenis hewan pada anak usia 3 sampai 4 tahun Konten eLearning
35 6301134058 IRA SARI NOVIANTI Sistem informasi aplikasi perhitungan nilai semeter untuk anak sd harjamukti 4 depok dengan berbasis web html5 Aplikasi Sisfo
36 6301134062 IDA BAGUS UTTARAYANA RAKE SANDJAJA none Konten eLearning
37 6301134089 DHIKA PRASETYA WIBAWA SISTEM INFORMASI PEMBONGKARAN BATU BARA PADA PLTU SURALAYA DENGAN MENGGUNAKAN HTML Aplikasi Sisfo
38 6301134094 IRMAYANTI MANDASARI APLIKASI PENGENALAN ASMA UL HUSNA DAN KUMPULAN DOA SEHARI – HARI UNTUK ANAK USIA 6-8 TAHUN Konten eLearning
39 6301134096 TEUKU RISKI RINALDI Aplikasi Game Tebak Kata Dalam Ilmu Nusantara Konten eLearning
40 6301134097 BAYU SATYA RINJANI Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Biologi Kelas 12 (3SMA) Menggunakan Elearning Konten eLearning
41 6301134245 WILY AMALUDIN SANJAYA Konten Elearning / Media pembelajaran menggunakan Adobe Flash Action Script 3 Konten eLearning

Total ada 10 mahasiswa yang belum mengirimkan proposal PA untuk di Review oleh TFN. Masih bingung tentan PA topik MCC, silahakan baca dulu slide tentang Proyek Pembangunan Aplikasi Multimedia.

 

Hasil Review Project PA?

Hasil dari review ini bisa langsung dicek di email masing-masing. Berikut ini beberapa kesalahan umum yang terjadi pada pengerjaan Proposal PA tahap pertama ini.

  1. Proposal tidak dikerjakan sesuai aturan format yang berlaku. Perhatikan penggunaan layout/template buku, format tulisan dan tata tulis sesuai aturan. Ini sepele, tapi Penting!
  2. Studi Kasus bukan sekedar tempat/lokasi, tapi sumber masalah yang akan kita bereskan. Misal pada Aplikasi Pembelajaran, maka studi kasus bisa berupa “mata pelajaran YYY pada SMA XX”.
  3. “Rumusan Masalah”, berisi problem yang terjadi di tempat studi kasus Anda. Masalah yang diangkat bukan masalah seputar pembangunan Aplikasi. Sebaiknya informasi masalah ini dilengkapi dengan data yang diceritakan pada bagian Latar Belakang. Hindari Asumsi yang berlebihan, misalnya “banyak anak usia sekolah yang lebih tertarik menggunakan Android” (apakah ada datanya??)
  4. “Tujuan” adalah solusi yang Anda akan berikan untuk menyelesaikan problem yang terjadi pada Studi Kasus. Solusi tersebut bisa berupa fitur atau fungsionalitas yang akan ada pada Aplikasi/Games yang Anda buat. Hindari kata yang bersifat Kualitatif pada bagian tujuan, gunakan penjabaran secara kuantitatif saja.
  5. Ceritakan bagian “Latar Belakang” secara narasi, untuk lebih menjabarkan Ide PA Anda, Masalah pada Studi Kasus Anda, dan Solusi Teknologi yang menjadi Tujuan dari PA Anda.
  6. Untuk Topik eLearning, perjelas sumber referensi dari materi pembelajaran, misalnya dari Buku Pelajaran. Perjelas juga model pembelajaran yang akan Anda sajikan dalam aplikasi (hal ini sangat bergantung pada kreatifitas Anda).
  7. Untuk Topik Aplikasi Interkatif, Anda perlu secara rinci dan sistematis Teknologi yang akan digunakan dan bagaimana penerapannya. Harus ada hubugan antara fitur teknologi dengan solusi bagi masalah studi kasus (aspek manfaat). Teknologi tidak harus ribet, yang penting simple, kreatif dan solusi (bermanfaat).
  8. Untuk Topik Games, sangat penting bagi Anda menjelaskan alur permainan atau skenario cerita yang diangkat. Khusus untuk Games edukasi harus  menjelaskan manfaat permainan terhadap pembelajaran, dan lebih baik lagi juga alurnya disesuaikan dengan materi pembelajaran. Topik ini mengharuskan Anda mengetahui berbagai jenis Genre Games (Arcade, RPG, Fighting, dll)

Demikian hasil Review PA secara umum, untuk pembahasan pada BAB 1. Selanjutnya kita akan bahas tentang penerapan Tinjauan Pustaka dan membuat bagian Perancangan. Terus berusahalah untuk memperbaiki hasil pekerjaan proposal Anda.

Silahkan bertanya melalui email atau komentar pada blog ini! 😀

 

 

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *