Mainan UID 2016 : Theory & Principles, User Interface Design


Pada sesi pertemuan pekan ini, kita akan membahas mengenai theory dasar dari panduan penggunaan User Interface Design pada perancangan antarmuka aplikasi. Berikut ini 4 Teori dasar tersebut,

  1. Pemodelan Aksi
  2. Desain berdasarkan tingkat kedalaman
  3. Konsistensi
  4. Teori Kontekstual

Selain itu dikenal juga berbagai Prinsip dari User Interface Design yang populer digunakan sampai saat ini, berikut beberapa rangkuman singkatnya.

UID principle

Silahkan untuk Anda “cari tahu” dan pelajari lebih lanjut mengenai berbagai macam konsep dan prinsip dari penerapan design pada User Interface Aplikasi.

Untuk mengawalinya, Anda diminta melakukan permainan berikut ini, terutama berkaitan dengan pemahaman Anda mengenai User Interface.

  1. Buatlah kelompok yang berisi (maksimal) 3 orang mahasiswa
  2. Diantara ketiga mahasiswa tersebut, diminta untuk mendata jenis HP yang dimiliki (1 saja).
  3. Kemudian masing2 mahasiswa diminta untuk menggambar ulang tampilan User Interface dari HP masing2, buat gambar semirip mungkin pada kertas dengan menggunakan pulpen atau pensil.
  4. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang ada pada HP teman Anda, dan kemudian gambarkan tampulan User Interface-nya. (misal Aplikasi Gmail) Aplikasi yang dipilih dalam 1 kelompok tidak boleh sama. Buat tampilan tersebut dengan kertas menggunakan pulpen atau pensil. Kemungkinan Anda akan menggambarkan lebih dari 1 tampilan Aplikasi.
  5.  dari 2 bentuk User Interface yang sudah Anda buat, kemudian berikan penjelasan atau komentar dari bentuk desain tersebut. Sesuaikan komentar Anda dengan salah satu dari Prinsip UI yang Anda sudah pernah pelajari.

Mainan ini dikumpulkan besok, Rabu, pukul 09.00, di meja TFN.

Jangan lupa sertakan identitas diri dan kelompok Anda. Pengerjaan mainan ini dilakukan secara berkelompok!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *