Mainan Proyek 1: Topik Proyek e-Government

Setiap group harus mengerjakan mainan ini pada pertemuan pertama dipekan ke-4 ini. Waktu pengerjaan mainan ini hanya 6 jam, dan sebaiknya bisa diselesaikan langsung pada saat pelaksanaan kuliah.

Anda diminta mencari IDE/TOPIK Proyek yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat dengan menggunakan solusi berbasis IT, agar masyarakat dapat menjadi lebih baik hidupnya dalam bidang kesehatan, tata kelola pemerinta, pendidikan, transportasi maupun kesejahteraan sosial.

Proyek yang akan Anda ajukan tersebut harus memenuhi kriteria berikut ini,

  1. Permasalahan yang jelas dihadapi masyarakat dalam hal bidang kesehatan, tata kelola pemerinta, pendidikan, transportasi maupun kesejahteraan sosial
  2. Studi kasus harus nyata, berupa instansi pemerintahan tingkat desa, kecamatan atau kabupaten, dinas terkait dengan bidang garapan lainnya. bidang kesehatan seperti posyandu, puskesmas, rumah sakit atau klinik. bidang pendidikan seperti dinas pendidikan, sekolah tingkat dasar sampai menengah, atau lembaga pendidikan non-formal seperti TK, masjid, balai latihan kerja karang taruna, dll. bidang transportasi misalnya pada koperasi angkot atau jasa transportasi lainnya. dan bidang kesejahteraan sosial, misalnya lembaga swadaya masyarakat, panti, dinas sosial, komunitas sosial lainnya. Sebaiknya temukan tempat studi kasus yang ada disekitar Anda.
  3. Solusi harus berupa penerapan teknologi berbasis IT, dengan fokus pada penerapan e-Government.

Tugas pada mainan ini adalah membuat dokumentasi dari rencana awal proyek Anda, dalam bentuk Ide atau Topik Usulan Proyek. Dokumen tersebut harus terdiri dari,

  1. Judul dan Deskripsi singkat dari Topik yang diusulkan
  2. Latar Belakag pengambilan Topik, yang menjelaskan dengan detil gambaran masalah dan solusi yang akan ditawarkan
  3. Permasalah yang ditemukan
  4. Tujuan Proyek
  5. Manfaat bagi masyarakat
  6. Gambaran Teknologi yang akan diterapkan
    1. ceritakan bagaimana fitur-fitur aplikasi yang ada
    2. jelaskan cara implementasi solusi tersebut
  7. Referensi tentang Teknologi

Untuk mempercepat proses pengerjaan, Anda perlu mencari referensi sejenis bisa dalam bentuk PA sebelumnya, Aplikasi sejenis atau penelitian lainnya. Dan cari juga referensi lainnya tentang informasi tempat studi kasus Anda.

Selamat Mengerjakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *