Mahasiswa MCC khususnya angkatan 2013, akan segera memasuki tahap finishing pada penentuan judul PA. Diharapkan dengan proses penentuan judul PA yang lebih awal ini, akan mempermudah mahasiswa untuk melanjutkan pengerjaan PA pada semester depan (genap 2016). Target yang harus dicapai oleh kita semua adalah adanya peningkatan kelulusan mahasiswa prodi D3 MI tepat waktu!
Proyek Akhir serba Instant?
Beberapa mahasiswa ada yang bertemu dengan saya dan berkonsultasi mengenai proses pencarian ide PA maupun proses pengerjaan PA (proposal, aplikasi atau buku). Kejadian ini sebetulnya sudah sering berulang, dan berlangsung sejak angkatan sebelumnya.
“pak saya mau PA nya yang gampang aja pak, kalo bisa jangan ada coding, ngerjainnya cepet, dan bisa dapet A. Ada ide ngak Pak?” #gubrak #pret!
Saya bisa pastikan itu tidak ada, kalau pun ada pastinya sulit ditemukan.
Kita mungkin terbiasa berfikir instan, tanpa mau berproses untuk mendapatkan sesuatu. Mungkin ini ada pengaruh juga dari seringnya makan mie instant atau makanan cepat saji lainnya. Nonton sinetron yang jalan ceritanya juga instant, karena tiba-tiba orang bisa langsung kaya hanya karena menemukan surat wasiat warisan, atau tiba-tiba pembantu bisa kawin dengan majikannya yang kaya raya, atau adegan ketabrak dan hilang ingatan. Bisa juga inspirasi instant itu datang dari acara pencarian bakat atau talent yang bisa langsung membuat orang jadi terkenal dibumbui dengan dramatical moment yang menghanyutkan air mata fans dadakan. OK! matikan TV ANDA, dan mulailah berbuat untuk PA ANDA!
Mulailah berproses dalam memulai PA Anda, tidak perlu banyak yang difikirkan, cukup ikuti saja alur prosesnya. Mulailah memikirkan apa yang mau Anda buat (Topik). Cari contekan (referensi) sebanyak-banyaknya, bisa buku, bisa Aplikasi atau bisa juga PA sebelumnya. Tuliskan ide yang mau Anda buat, tuliskan Proposal Anda, tulis sebelum Anda lupa. Perbaiki lagi, baca lagi, dan tulis lagi, lakukan berulang pada proposal Anda. Jangan lupa untuk menentukan judul yang pas!
Jangan pernah berfikir “Perfect”, karena tidak ada manusia yang sempurna dan menghasilkan kesempurnaan. Kerjakan, dan kumpulkan disaat yang tepat. Semua itu adalah bagian dari Anda berproses, dan bagian dari kita belajar.
Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang sampai saat ini masih Antusias mengikuti perkuliahan ini, dan mempersiapkan proses pengerjaan PA-nya. Ini bukan untuk saya, tapi untuk kelulusan Anda sendiri, maka berproseslah! Bagi yang masih males, main-main, nyantai, maka bertobatlah!
Daftar Calon Judul PA MCC-13-02 tahun 2015?
Ini dia daftar mahasiswa yang telah mengajukan judul PA di kelas MCC-13-02, keseriusan Anda sangat berharga bagi masa depan, saya ucapkan Selamat!
N | NIM | NAMA | Judul | Keterangan |
1 | 6301130075 | ADI PRABOWO | Perancangan dan Implementasi Aplikasi belajar sejarah kota Jakarta | buku PLKJ kelas 7 SMP |
2 | 6301130077 | DELLA MAUDY MAHARDIKA | Game RPG “Graduation or Not in Faculty of Applied Science, Telkom University” | FIT |
3 | 6301130081 | DIOBA AGUNG SAPUTRA | Game RPG pembelajaran untuk IPA 4 SD | |
4 | 6301130090 | IRA NOVITA SEMBIRING | ||
5 | 6301130093 | KENANGA ATH THARIQA SALSABIL | ||
6 | 6301130159 | NARITA REKY FIRNADA | Aplikasi Pembelajaran sifat benda padat, cair, dan gas untuk mata pelajaran IPA kelas 3 SD berbasis multimedia Flash | BSE IPA kelas 3 SD |
7 | 6301130164 | YUNI SARTIKA | Implementasi Augmented Reality pada Pemesanan Makanan di Kantin Telkom University Berbasis Android | Kantin Tel-U |
8 | 6301130165 | DINDA ANINDITA | Aplikasi pengenalan perkalian dan pembagian pelajaran kelas 3 SD menggunakan multimedia Flash | BSE matematika 3 |
9 | 6301130169 | ANNISA TAMARA | Pembelajaran IPS untuk anak SD kelas 5 berbasis web (elearning) pada materi pembelajaran keragaman suku dan budaya | IPS |
10 | 6301130172 | HAKKY ANSHARY | Aplikasi pembelajaran IPS tentang kenampakan alam dan keadaan benua-benua di dunia untuk kelas V SD menggunakan HTML5 | |
11 | 6301130180 | ULFA FADHILAH AINI F DJAPRI | Aplikasi pengenalan bagian tubuh manusia untuk anak SD kelas 1 menggunakan Flash | Ar-Rafi |
12 | 6301130188 | ALFIRA FEBRIYANTHI | Aplikasi pembelajaran grammer bahasa Inggris untuk siswa SD kelas 5 dan 6 berbasis HTML5 | buku kelas 8?? |
13 | 6301130197 | RILLYA CAHYANING TYAS | Aplikasi belajar lagu nasional untuk anak sekolah dasar berbasis HTML5 | SD 1-6, buku seni |
14 | 6301130198 | MUTIA ARDINA | Aplikasi pembelajaran matematika bangun data untuk anak SD berbasis HTML5 | |
15 | 6301130200 | MUHAMAD REZA RIFALDI | Perancangan dan Implementasi Aplikasi Belajar Aksara Sunda Berbasis Flash | SMA 22 bandung |
16 | 6301130231 | MARIO BENHARD | ||
17 | 6301130238 | WAODE AMALDHA BRILLYANA PUTRI | Media Pembelajaran Matematika Volume Kubus untuk kelas 5 SD | Math Ar-Rafi |
18 | 6301130251 | MUHAMAD MUNAWIR AMIN | ||
19 | 6301130257 | PUTI AISYAH NUUR RAMADHANIA | Media Interaktif kerja sama negara di kawasan Asia Tenggara kelas 6 SD berbasis multimedia | Buku KWN |
20 | 6301130271 | SYIFA FAUZIAH | Aplikasi belajar, bernyanyi dan menghafal lagu-lagu daerah untuk siswa SMP berbasis HTML5 | Buku seni SMP 1-2 |
21 | 6301130272 | JODI FABRIAN | Aplikasi Pembelajaran tentang tempat Hidup Makhluk Hidup untuk anak SD kelas 2 berbasis HTML5 | IPA SD 2, BSE |
22 | 6301130279 | SANDY YUSEF LUTHFIANA | Aplikasi pembelajaran alat pernapasan (untuk siswa kelas 5 SD) berbasis Flash | SD 2 sukamanah |
23 | 6301131128 | MUHAMMAD RIO ALIFA RINAL KOTO | Media pembelajaran mengenai astronomi berbasis Flash untuk SMA kelas 10 | Buku Geografi kelas 10 |
24 | 6301131206 | ANISA NURFIRDA RAMDHANI | Pembelajaran mengenai negara-negara di Dunia melalui bola Dunia yang mengimplementasikan teknologi Augmented Reality berbasis Android untuk siswa SMA kelas X Sandhyputra | |
25 | 6301132136 | DINDA ANINDHITA | Game edukasi mengenai “makanan dan sumber nutrisi” untuk kelas 3 SD | Ar-RAfi |
26 | 6301132182 | DIDIT SUWARDI | Aplikasi pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan manusia untuk kelas 3 SD berbasis multimedia Flash | BSE IPA kelas 3 SD |
27 | 6301132253 | EMMA MALIKI PUTRI | Pembuatan Website marketing galeri seni yang menerapkan responsive desain dan pem-visualisasi 3D | tidak jelas |
28 | 6301134003 | HELMI MULYADI | Aplikasi menu pesanan makanan pada kantin FIT berbasis web mobile | Kantin FIT |
29 | 6301134031 | DINDA AYU WARDANI | Aplikasi Pelayanan Indihome pada Telkom Mojokerto berbasis HTML5 | PT. Telkom Mojokerto |
30 | 6301134040 | RACHMA ELMIRA | Aplikasi Praktikum Kimia Elektrolit dan Non-Elektrolit kelas 10 | |
31 | 6301134048 | RAHMAT KAFABIH | Aplikasi Interaktif Pembelajaran Matematika untuk kelas IX dengan menggunakan Teknologi HTML5 | SMP 2 Banyumas |
32 | 6301134050 | SHASA HANGGANA AFRILIA | Pembelajaran e-Learning mata pelajaran IPA pada sistem organ pada manusia untuk SMP kelas 8 | kelas 8 |
33 | 6301134051 | SHERVANO NAODIAS SIAGIAN | Aplikasi Interaktif Pembelajaran Gaya untuk Kelas 5 SD berbasis HTML5 | |
34 | 6301134052 | ANI DWI LIDIA DARMAYANTI | Aplikasi Pembelajaran Gaya pada suatu benda Berbasis multimedia | IPA kelas 4 SD |
35 | 6301134058 | IRA SARI NOVIANTI | ||
36 | 6301134062 | IDA BAGUS UTTARAYANA RAKE SANDJAJA | ||
37 | 6301134089 | DHIKA PRASETYA WIBAWA | Konten Pembelajaran tentang kerajaan Mataram Kuno kelas 1 SMP pada SMPN 4 Bojonegoro berbasis Flash | SMPN 4 Bojonegoro |
38 | 6301134094 | IRMAYANTI MANDASARI | Aplikasi kumpulan Doa dan Dzikir Harian berbasis Android | |
39 | 6301134096 | TEUKU RISKI RINALDI | Aplikasi Interaktif Virtual Desktop menggunakan HTML5 | |
40 | 6301134097 | BAYU SATYA RINJANI | Konten Pembelajaran materi biologi tentang perkecambahan kelas 12 IPA pada MAN 2 kota Cirebon menggunakan HTML5 | MAN 2 Cirebon |
41 | 6301134245 | WILY AMALUDIN SANJAYA | Aplikasi Pembelajaran Fotosintesis untuk kelas 5 SD studi kasus Ar-Rafi berbasis Flash | SD Ar-Rafi |
42 | 6301134046 | Arief Arrachman | Augmented Reality Map Gedung FIT Telkom University berbasis Android | tidak jelas |
Tahapan berikutnya untuk yang telah mengajukan judul, akan dilakukan penentuan Pembimbing PA oleh Tim PA prodi D3 MI.
Sambil proses penentuan pembimbing dilakukan, disarankan agar mahasiswa bisa merampungkan pengerjaan Proposalnya. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proposal PA Anda,
- Pastikan Proposal dibuat sesuai dengan aturan format dan tata tulis proposal PA
- Perbanyak referensi (contekan) dalam pengerjaan PA Anda, termasuk bahan referensi tinjauan pustaka
- Perjelas rumusan masalah dan tujuan dari penelitian PA
- Temukan studi kasus dan masalah pada studi kasus yang Anda pilih tersebut
- Anda harus memahami (minimal punya dasar pemahaman) tentang Teknologi yang akan diterapkan pada penelitian PA ini
- Ceritakan dan Jelasakan Requirement dari Sistem atau Aplikasi yang akan dibuat, requirement berorientasi pada kasus atau pengguna
- Buat perancangan sistem, dari hasil analisis kebutuhan.
- Perjelas perancangan yang Anda buat, bentuk diagram, penjelasan diagram dan alur proses
- Sertakan lampiran bukti dokumen pendukung, yang berkaitan dengan studi kasus Anda
Minggu Ini adalah saatnya Anda memperjelas Proposal Anda!
Selamat mengerjakan, semoga Allah memberikan Anda kemudahan. Jika ada hal-hal yang membingungkan atau perlu didiskusikan, silahkan tulis komentar dibawah ini atau kirim email ke tambunan.
Thanks! 😀