Mainan #4 WebPro Project Web Apps


Pekan ini kita akan mulai pengerjaan Project pada mata kuliah Web Programming. Anda diminta untuk membuat Aplikasi Web sesuai tema, secara berkelompok, sesuai ketentuan sebelumnya.

Penentuan Fitur Aplikasi?

Tahap pertama pengerjaan Project adalah menentukan Fitur atau Fungsionalitas yang akan dibuat. Pastikan Tim Anda sudah memperbaiki kesalahan pada proposal pekan lalu, dan memperjelas fungsionalitas yang mau dibuat.

Misalnya ketika ingin membuat “Aplikasi Sistem Penilaian Siswa SD”, maka secara umum diperlukan fitur berikut,

  • Pengelolaan data siswa dan guru

  • Proses penilaian Siswa untuk tiap Mapel

  • Pengelolaan data Mapel

  • Laporan nilai kelas (Reporting)

  • Hak Akses user (Admin dan Guru)

Akan ada banyak kemungkin fitur yang bisa dibuat pada aplikasi sejenis, semua itu tergantung pada bisnis proses yang terjadi ditempat studi kasus Anda. Contohnya adalah pada sistem penilaian mapel di SD akan berbeda tergantung kebijakan yang berlaku pada sekolah tersebut.

Teknis penetuan fitur aplikasi ini tidak bisa dilakukan hanya dengan berimajinasi saja. Tapi harus dibuat sesuai kebutuhan yang terjadi pada kehidupan nyata (kasus diatas pada SD). Cara untuk mendapatkan kebutuhan (requirement) atau gambaran mengenai “apa yang seharusnya dibuat” bisa Anda dapatkan dengan cara berikut,

  • Teknik Observasi
    • cara ini bisa dilakukan dengan mencari perbandingan fitur dari aplikasi sejenis, yg mirip bahkan sama persis dengan yang akan kita buat. Amati proses kerja aplikasi tersebut, kemudian tiru/contok fitur-fitur yang ada.
    • selain itu bisa juga observasi dilakukan pada tempat studi kasus secara langsung, melihat kegiatan/proses yang terjadi (misal melihat proses penilaian mapel siswa) dan melihat dokumen-dokumen pendukung lainnya (arsip penilaian, parameter nilai, rapot siswa, dll).
  • Wawancara atau Survey
    • Teknik ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan pertanyaan yang sangat kita butuhkan jawabannya untuk pengembang sistem dan aplikasi. Pertanyaan tersebut akan kita ajukan ke pihak yang menjalankan sistem saat ini. Misal pada kasus diatas, proses penilaian siswa saat ini dilakukan oleh Guru, maka Guru adalah pihak yang paling berkompeten untuk diwawancara.
    • Umumnya pertanyaan dibuat berkaitan dengan proses sistem yang akan dibuat, sehingga kita sebagai pengembang aplikasi dapat memahami cara kerja sistem yang akan kita buat. Hindari pertanyaan yang tidak penting, ambigu dan tidak berhubungan dengan aplikasi yang mau kita buat
  • Studi Literatur
    • teknik ini cukup efektif untuk pemula dalam pengembangan aplikasi
    • Anda bisa mencari 4-10 literatur dalam bentuk buku, paper, Skripsi, dll yang berkaitan dengan aplikasi yang akan Anda buat
    • Temukan Skripsi tentang Sistem Penilaian SD, dan amati mulai dari proses perancangan sampai implementasi Aplikasi. Kemudian lakukan modifikasi sesuai kebutuhan yang ada pada studi kasus Anda
    • Cara ini memudahkan Anda mempelajari teknis perancangan sistem sesuai ketentuan teknis, seperti pembuatan Flowchart, berbagai diagram UML, ERD, mockup dan lainnya

Segera pastikan kembali Aplikasi yang akan Anda buat, seperti apa saja Fiturnya dan bagaimana Studi kasusnya. Karena pekan ini dan pekan berikutnya Anda sudah harus mulai mendemonstrasikan hasil dari setiap tahapan pengembangan aplikasi.

 

Pembagian Tugas

Setelah jelas apa yang Tim Anda akan kerjakan, maka selanjutnya silahkan bagi-bagi tugas. Tahapan kedua ini harus diawali dengan penentuan tim dan prioritas pekerjaan. Dan nantinya setiap pekerjaan diberikan batas waktu atau target pengerjaan.

Misal dari contoh diatas, kita urutkan berdasarkan prioritas pekerjaan “mana yang harus selesai lebih dulu” atau “mana fitur yang paling penting”. Berikut ini contohnya,

  1. Pengelolaan data siswa dan guru
  2. Hak Akses user (Admin dan Guru)
  3. Pengelolaan data Mapel
  4. Proses penilaian Siswa untuk tiap Mapel
  5. Laporan nilai kelas (Reporting)

Contoh diatas, sudah berurut sesuai tahapan pengerjaan. Kemudian bisa langsung dibagi kepada setiap anggota Tim Anda. Sisipkan juga pembagian tugas lainnya yang mempengaruhi pengerjaan aplikasi, seperti

  • Proposal Project dan Perancangan Sistem
  • Layout Web (HTML/CSS) sesuai fitur
  • Database (Perancangan dan Table)

Mungkin juga ada pekerjaan lainnya seperti 3 hal diatas, tapi saran saya 3 hal diatas sebaiknya dikerjakan bersama-sama. Kalau pengerjaan fitur aplikasi bisa dilakukan secara individu.

Perhatikan hasil akhir pembagian tugas berikut ini,

  1. Pekan #1
    • Target: Proposal Project, Perancangan System dan ERD (oleh A, B dan C) + Demo Apps
    • Fitur yang dikerjakan: Layout HTML/CSS untuk semua tampilan fitur (oleh A,B,C)
      • si A: layout fitur 1,2
      • si B: layout fitur 3,4
      • si C: layout fitur 5
  2. Pekan #2
    • Target: Demo Aplikasi, pengerjaan fitur selesai 1,2,3
    • Fitur yang dikerjakan:
      • si A: Fitur 1
      • si B: Fitur 2
      • si C: Fitur 3
  3. Pekan #3
    • Target: Demo Aplikasi, pengerjaan fitur selesai 4,5
    • Fitur yang dikerjakan:
      • si A: input data dummy semua fitur, pengujian fitur 1,2,3
      • si B: Fitur 4
      • si C: Fitur 5
  4. Pekan #4
    • Target: Aplikasi Demo Online
    • Fitur yang dikerjakan:
      • si A: Upload Aplikasi Online, dan pengujian semua fitur
      • si B: Cek dan Revisi Fitur 1,2,4
      • si C: Cek dan Revisi Fitur 3,5

 

Dari contoh diatas target pengerjaan aplikasi bisa diselesaikan dalam waktu 4 pekan (1 bulan November).

 

Dokumentasikan Pekerjaan Anda?

Setelah jelas semua hal diatas, berarti Tim Anda sudah siap untuk memulai pengerjaan Project. Perencanaan yang baik akan memberikan hasil yang baik pula.

Dokumentasi Progress Pekerjaan Project ini harus Anda masukkan ke Aplikasi Online Trello, https://trello.com. Lakukan langkah-langkah berikut,

  • Register Akun Trello untuk setiap anggota tim
  • Buat “Board” baru untuk membantu monitoring progress Project Anda, dan masukkan semua anggota Tim Anda.
  • Add dosen “Tambunan” (search user tambunan) ke dalam project Anda
  • Kemudian buat list pekerjaan pada Board Trello tersebut

Berikut ini contoh Board, https://trello.com/b/lUjNU5YY/project-web. Perhatikan contoh tampilan dibawah ini.

Contoh tampilan Board Trello untuk Project Web D4SM 2017

Setiap Dokumen, list pekerjaan, target waktu, pembagian tugas tiap orang dan hasil pekerjaan, bisa Anda masukkan ke Trello. Aplikasi ini berfungsi sebagai Project Management dari setiap Tim dikelas D4 SM. Dosen akan memantau progress pengerjaan Aplikasi setiap TIM melalui aplikasi ini. Pelajari lebih lanjut cara penggunaan Trello,

Jika masih Kesuliatan penggunaan Trello, silahkan konsultasi ke Dosen, atau invite di Board-nya agar dibantu membuat list pekerjaan.

 

Mainan #4 Progress Tim Project Web Apps

Perhatikan petunjuk pengerjaan mainan berikut ini,

  1. Setiap Tim harus menyelesaikan segera Proposal yang telah direvisi sesuai ketentuan pada mainan sebelumnya
  2. Buat Board Trello untuk Setiap Tim dengan ketentuan,
    1. Semua Anggota Tim harus sudah masuk
    2. Berisi list pekerjaan pada proyek ini, sampai dengan 4 pekan kedepan (finish)
    3. Invite user “Tambunan” ke Board Tim Anda
  3. List Pekerjaan, Target, Pembagian Tugas dan lainnya dibuat bebas sesuai kesepakatan Tim Anda. Yang harus diperhatikan adalah setiap fitur merata pengerjaannya oleh Anggota Tim dan Target Akhir selesai dari 4 pekan
  4. Mainan ini harus dikerjakan dalam waktu 24 jam, dan akan dikoreksi oleh dosen melalui Akun/Board Trello masing-masing Tim Project
  5. Target Pekan depan, Setiap Tim akan diminta demonstrasi Tampilan Layout Aplikasi (HTML/CSS) untuk semua fitur. (jadwal presentasi menyusul..)

Jika masih ada yang kurang jelas dari mainan ini, silahkan untuk bertanya langsung di ruang Dosen TFN.